logo Kompas.id
NusantaraDukung Digitalisasi Pasar...
Iklan

Dukung Digitalisasi Pasar UMKM, Belanja Produk Lokal Digaungkan

Sejumlah 30 juta UMKM ditargetkan dapat mengakses pasar digital pada 2023. Gerakan membeli atau belanja produk lokal terus digaungkan agar pasar dalam negeri tidak dikuasai produk asing.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/mtPnYo7_r2qLoxzX_8y-EoKme-g=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2F20190903_ENGLISH-SERIAL-TEMATIS-DESA_B_web_1567517159.jpg
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Warga Desa Gelaranyar, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengolah nira menjadi gula semut aren, Sabtu (17/8/2019). Berkat internet, pelaku UMKM di desa ini dapat memasarkan gula aren lewat media sosial sehingga diburu pembeli dari luar daerah, seperti Bandung, Bekasi, dan Sumedang.

BANDUNG, KOMPAS — Pemerintah pusat menargetkan 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah dapat mengakses pasar digital pada 2023. Untuk mencapai target itu, gerakan membeli atau belanja produk lokal terus digaungkan hingga ke daerah.

Dengan populasi 260 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar yang besar untuk menjual produk dalam negeri. Oleh sebab itu, akselerasi digitalisasi UMKM sangat penting dalam memperluas jangkauan pasar.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000