logo Kompas.id
NusantaraTambang Ilegal di Parigi Moutong Longsor, 3 Orang Tewas

Tambang Ilegal di Parigi Moutong Longsor, 3 Orang Tewas

Tambang emas di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, longsor. Tiga orang dievakuasi tewas. Sekitar lima orang masih dicari dalam longsor di lubang tambang.

Oleh VIDELIS JEMALI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DOKUMENTASI BASARNAS KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN PALU

Sejumlah anggota regu pencarian berada di lokasi tambang emas ilegal yang longsor di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, Rabu (24/2/2021).

PALU, KOMPAS — Pertambangan emas tanpa izin atau PETI di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, longsor pada Rabu (25/2/2021). Data sementara, tiga orang tewas dalam musibah itu. Pencarian korban masih dilakukan. Kepolisian menyebutkan PETI tersebut sering ditertibkan, tetapi warga setempat tetap menambang.

Kejadian itu berlangsung pada pukul 19.00 Wita. Longsor terjadi di dalam lubang tambang yang membentuk kubangan. Berdasarkan foto dan video yang beredar, kedalaman lubang tambang tak kurang dari 20 meter. Tak hanya laki-laki, perempuan juga terlihat mendulang bijih emas di kubangan. Dinding lubang tambang itu cukup curam sehingga rawan longsor.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..