logo Kompas.id
NusantaraDistribusi dan Pengelolaan Vaksin Turut Pengaruhi Kesuksesan Vaksinasi

Distribusi dan Pengelolaan Vaksin Turut Pengaruhi Kesuksesan Vaksinasi

BPOM mengajak pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota berperan aktif memitigasi potensi kerawanan distribusi dan pengelolaan vaksin. Salah satunya membelanjakan anggaran daerahnya untuk pengadaan sarana penunjang.

Oleh RUNIK SRI ASTUTI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI

Kepala BPOM Penny K Lukito (tengah) saat mengecek fasilitas penyimpanan vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/2/2021).

SURABAYA, KOMPAS - Kesuksesan program nasional vaksinasi Covid-19 tidak hanya ditentukan oleh ketersediaan vaksin. Pendistribusian dan pengelolaan vaksin sesuai standar yang baik juga tak kalah penting. Hanya vaksin yang terjaga mutu dan kualitasnya yang dapat membangun kekebalan komunitas untuk memerangi Covid-19.

Dalam upaya membangun sistem distribusi dan pengelolaan vaksin sesuai standar itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pengawasan hingga fasilitas layanan kesehatan yang melayani pemberian vaksin, seperti puskesmas. Selain itu, BPOM juga mengajak pemda di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota berperan aktif dalam memitigasi potensi kerawanan pengelolaan vaksin.

Editor: Mohamad Final Daeng
Bagikan
Memuat data..