logo Kompas.id
Nusantara668 Koleksi Museum Sultra yang Hilang Belum Terdaftar

668 Koleksi Museum Sultra yang Hilang Belum Terdaftar

Sebanyak 668 benda koleksi Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara yang dicuri dua pekan lalu hingga kini keberadaannya belum diketahui.

Oleh SAIFUL RIJAL YUNUS
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SAIFUL RIJAL YUNUS

Kurator museum menunjukkan sebuah katana koleksi Museum dan Taman Budaya Sultra yang tidak sempat diambil pencuri, seperti terlihat pada Selasa (9/1/2021).

KENDARI, KOMPAS — Sebanyak 668 benda koleksi Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara yang dicuri dua pekan lalu hingga kini keberadaannya belum diketahui. Aparat kepolisian masih menyelidiki kasus ini. Ratusan benda yang dicuri ini, termasuk total 5.334 koleksi yang ada, diketahui belum terdaftar sama sekali sebagai benda cagar budaya.

Kepala Seksi Museum Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara Daud Topaa menyampaikan, dari hasil inventarisasi diketahui ada 668 barang koleksi museum yang hilang dalam pencurian yang terjadi dua pekan lalu itu. Koleksi ini adalah bagian dari total 5.334 barang koleksi yang ada di museum dan merupakan koleksi dengan nilai sejarah tinggi.

Editor: Mohamad Final Daeng
Bagikan
Memuat data..