logo Kompas.id
NusantaraStatus Bupati Sabu Raijua Terpilih Masih Mengambang

Status Bupati Sabu Raijua Terpilih Masih Mengambang

Bawaslu RI, KPU RI, Kementerian Dalam Negeri, dan Kepolisian Daerah NTT rapat secara virtual membahas status bupati terpilih Sabu Raijua Orient yang merupakan warga negara AS. Belum ada keputusan yang diambil.

Oleh NIKOLAUS HARBOWO / RINI KUSTIASIH / PRAYOGI SULISTYO/KORNELIS KEWA AMA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KORNELIS KEWA AMA

Calon bupati Sabu Raijua, NTT terpilih, Orient P Riwu Kore dan pasangan calon wakil bupati Tobias Uly pada debat kampanye di Sabu Raijua, November 2020.

JAKARTA, KOMPAS - Status bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, Orient P Riwu Kore yang berstatus warga negara Amerika Serikat masih mengambang. Badan Pengawas Pemilu masih mengkaji implikasi hukum status kewarganegaraan Orient, sedangkan Kementerian Dalam Negeri menunggu kepastian status kewarganegaraan Orient dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Orient terpilih sebagai bupati Sabu Raijua pada Pilkada 9 Desember 2020. Saat mendaftar, ia melampirkan KTP elektronik dengan status warga negara Indonesia. Pada 1 Februari 2021, Badan Pengawas Pemilu Sabu Raijua menerima surat balasan dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, terkait permintaan klarifikasi informasi soal status kewarganegaraan Orient. Di surat itu, disebutkan Orient warga negara AS.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..