logo Kompas.id
NusantaraBanjir Lahar Hujan Gunung Semeru Diwaspadai

Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Diwaspadai

Aliran banjir lahar hujan ini membawa material sehingga berpotensi membahayakan warga. Masyarakat diminta untuk tidak beraktivitas di sekitar gunung dan aliran sungai dari jalur lahar Semeru.

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pengendara mobil tidak bisa menyeberang akibat banjir lahar hujan di aliran Besuksat yang berhulu di Gunung Semeru di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/1/2021). Gunung Semeru pada Sabtu (16/1/2021) sempat mengeluarkan material vulkanik sejauh 4,5 km dari puncak. Warga yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru diminta waspada potensi banjir lahar material vulkanik karena curah hujan masih tinggi.

BANDUNG, KOMPAS — Banjir lahar hujan dari aktivitas Gunung Semeru, Jawa Timur, berpotensi mengalir ke arah tenggara. Material yang terbawa oleh aliran ini dapat membahayakan warga sehingga kewaspadaan di wilayah tersebut perlu ditingkatkan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi mencatat, getaran banjir lahar hujan terjadi di sepanjang tenggara Gunung Semeru, Selasa (19/1/2021), sekitar pukul 12.30. Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMG Nia Haerani memaparkan, area ini merupakan arah dari erupsi dan muntahan material awan panas dari erupsi Semeru yang terjadi Sabtu (16/1).

Editor:
agnespandia
Bagikan