logo Kompas.id
NusantaraAktivitas Kegempaan Berkurang, Semeru Tetap Harus Diwaspadai

Aktivitas Kegempaan Berkurang, Semeru Tetap Harus Diwaspadai

Aktivitas kegempaan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (19/01/2021), mulai berkurang. Meski begitu, status Gunung Semeru tetap Waspada (Level II).

Oleh
DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Warga melihat kondisi Gunung Semeru di pagi hari dari Desa Oro-oro ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (18/1/2021). Sepanjang malam hingga dini hari, leleran lava pijar Gunung Semeru terus terlihat. Walau demiikian, status Gunung Semeru masih Waspada Level II.

MALANG, KOMPAS — Aktivitas kegempaan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (19/01/2021), mulai berkurang. Meski begitu, aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut tidak bisa diprediksi. Status Gunung Semeru tetap Waspada (Level II).

Berdasarkan pemantauan dari Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Lumajang, Selasa (19/01/2021) pukul 00.00-06.00 WIB, gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut terlihat jelas dan tidak tampak mengeluarkan asap kawah. Angin bertiup lemah ke arah utara, timur, dan timur laut. Masih teramati sinar api sepanjang 30 meter.

Editor:
aufrida wismi
Bagikan