logo Kompas.id
NusantaraWaspadai Ancaman Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Waspadai Ancaman Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Kondisi Gunung ,Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu (17/1/2021) melandai. Meski begitu, ancaman sekunder Semeru, yaitu banjir lahar hujan harus diwaspadai warga di sekitar lereng Semeru.

Oleh
DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Lava pijar keluar dari puncak Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020). Gunung Semeru yang berstatus Level II Waspada sempat meluncurkan material vulkanis sejauh 2 km dari puncak pada Selasa dini hari pukul 01.23. Ketinggian material vulkanik mencapai 30 meter dari dasar aliran sungai.

MALANG, KOMPAS — Setelah mengeluarkan awan panas guguran, Sabtu (16/1/2021), kondisi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu (17/1/2021) mulai landai. Meski begitu, masyarakat diminta mewaspadai bahaya sekunder Semeru, yaitu banjir lahar hujan, di sepanjang jalur aliran lahar.

Pantauan di Pos Gunung Api Gunung Sawur di Candipuro, Lumajang, Jawa Timur pada Minggu (17/1/2021) pukul 00.00-06.00 menunjukkan bahwa secara visual kenampakan gunung didominasi kabut. Masih terdengar tiga kali suara letusan atau gemuruh dan tidak teramati asap kawah.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan