logo Kompas.id
NusantaraSejumlah Warga di Zona Bahaya Erupsi Merapi Masih Beraktivitas Normal

Sejumlah Warga di Zona Bahaya Erupsi Merapi Masih Beraktivitas Normal

Kendati sudah ditetapkan sebagai kawasan rawan terdampak erupsi, aktivitas sebagian warga di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jateng, normal. Kendati demikian, hal itu tidak mengurangi kewaspadaan.

Oleh KRISTI UTAMI/REGINA RUKMORINI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Warga melintas di papan peringatan memasuki kawasan rawan bencana di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (8/11/2020). Sebagian warga dari kelompok rentan di desa tersebut mulai diungsikan menyusul adanya peningkatan status Merapi dari Waspada menjadi Siaga. Adapun warga yang masih bertahan di desa tetap beraktivitas normal.

MAGELANG, KOMPAS — Sebagian warga yang masih bertahan di beberapa desa zona bahaya erupsi Gunung Merapi di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (8/11/2020), tetap beraktivitas normal. Meski demikian, mereka sudah menyiapkan sejumlah barang yang akan dibawa jika kondisi semakin membahayakan.

Di Kecamatan Dukun ada tiga desa yang sebagian wilayahnya diperkirakan terdampak erupsi Merapi, yakni Desa Ngargomulyo, Krinjing, dan Paten. Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), sebagian kawasan tersebut berpotensi besar dilanda awan panas atau aliran piroklastika, aliran lava, guguran batu (pijar), gas beracun, dan lontaran batu (pijar). Evakuasi warga di tiga desa tersebut dinilai mendesak.

Editor: Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Memuat data..