logo Kompas.id
NusantaraBelanja Pemerintah Daerah Penting untuk Mengungkit Sektor Riil

Belanja Pemerintah Daerah Penting untuk Mengungkit Sektor Riil

Kemenkeu rutin memantau penyerapan TKDD oleh pemda. Penyaluran transfer dana ke daerah dan dana desa jangan berhenti di rekening pemda karena tidak akan berdampak bagi perekonomian.

Oleh
Karina Isna Irawan/Agnes Swetta Pandia/Fabio Lopez
· 1 menit baca
Memuat data...
PEMERINTAH KOTA SURABAYA

Pengerukan dan pembersihan saluran di Jalan Raya Kupang Baru, Surabaya, Jawa Timur. Pengerukan bertujuan menormalkan saluran air sehingga dapat mengantisipasi potensi banjir saat musim hujan tiba.

JAKARTA, KOMPAS — Meskipun tengah berjuang mencegah penyebaran Covid-19 dan menjaga kesehatan warga, pemerintah daerah jangan mengabaikan pentingnya penyerapan anggaran untuk menggerakkan ekonomi lokal. Pemerintah daerah bisa memacu penyerapan anggaran sehingga belanja tersebut dapat mengungkit sektor riil yang tengah lesu karena pandemi Covid-19.

Kementerian Keuangan mencatat, Rp 239,5 triliun dari Rp 572 triliun transfer dana ke daerah dan dana desa (TKDD) yang ditransfer per 30 September 2020 masih mengendap di rekening pemerintah daerah. Belanja dana tersebut untuk berbagai program yang menciptakan kesempatan kerja dan menggairahkan sektor riil lokal kini sangat penting agar perekonomian nasional tetap bergerak.

Editor:
hamzirwan
Bagikan