logo Kompas.id
NusantaraTidak Ada Laboratorium Khusus Covid-19, Tes di Pantura Barat Jateng Minim

Tidak Ada Laboratorium Khusus Covid-19, Tes di Pantura Barat Jateng Minim

Ketiadaan fasilitas laboratorium pemeriksa Covid-19 di daerah pantura barat Jateng membuat pengetesan di daerah tersebut minim. Selama ini pengetesan dilakukan di Semarang, Salatiga, dan Bantul dengan waktu 3-7 hari.

Oleh KRISTI UTAMI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI UTAMI

Simulasi penanganan pasien terinfeksi Covid-19 dilakukan di RSUD dr Soeselo, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (4/3/2020). Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam menanggulangi wabah Covid-19.

SLAWI, KOMPAS — Fasilitas deteksi dini Covid-19 di sejumlah daerah di pesisir pantai utara bagian barat Jawa Tengah masih minim. Belum memiliki laboratorium khusus, sampel spesimen masih harus dikirimkan ke Semarang, bahkan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berulang kali meminta kepala daerah memasifkan pengetesan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. Namun, keinginan itu belum sepenuhnya terlaksana. Rata-rata pengetesan usap di sejumlah daerah pantura barat Jateng, seperti Kota Pekalongan dan Kota Tegal hingga Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, dan Batang, kurang dari 1 persen dari jumlah total penduduk.

Editor: Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Memuat data..