logo Kompas.id
NusantaraPusat Daur Ulang Sampah Seluas...
Iklan

Pusat Daur Ulang Sampah Seluas 2 Hektar Dibangun di Pasuruan

Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, bekerja sama dengan Project STOP dan PT Nestle Indonesia membangun tempat sampah terpadu reduce, reuse, dan recycle di Kecamatan Lekok dan Kecamatan Nguling.

Oleh
DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca

PASURUAN, KOMPAS — Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, bekerja sama dengan Project STOP dan PT Nestle Indonesia membangun tempat sampah terpadu reduce, reuse, dan recycle di Kecamatan Lekok dan Kecamatan Nguling. Tujuan utamanya mengurangi sampah yang mencemari pantai di Pasuruan.

Project STOP adalah program kemitraan dengan kota atau kabupaten untuk menjalankan sistem pengelolaan sampah secara komprehensif. Diluncurkan tahun 2017, kegiatan ini diinisiasi Borealis dan SYSTEMIQ. Kalangan swasta dan masyarakat setempat ikut dilibatkan. Pasuruan adalah daerah ketiga di Indonesia setelah Muncar (Banyuwangi) dan Jembrana (Bali) yang didorong mengolah sampah berkelanjutan tersebut.

Program ini dimulai dengan membangun komitmen dengan pemerintah kabupaten atau kota. Langkah selanjutnya, membangun tempat sampah terpadu reduce, reuse, dan recycle (TPST3R) sebagai pusat pengolahan dan daur ulang sampah beserta peralatan dasarnya. Pendampingan pada masyarakat untuk mengumpulkan dan memilah sampah sejak dari rumah juga dilakukan.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan