Yayasan Kehati dan Orangutan Information Centre Kampanye Peduli Orangutan Tapanuli
Yayasan Orangutan Sumatera Lestari Orangutan Information Centre melakukan Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli 2023 ke beberapa kampus.
Oleh
MARIA SUSY BERINDRA
·3 menit baca
ARSIP YAYASAN KEHATI
Yayasan Kehati bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (OIC) dengan dukungan The Body Shop Indonesia melakukan Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli 2023 di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Rabu (15/3/2023).
JAKARTA, KOMPAS — Yayasan Kehati bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre atau OIC dengan dukungan The Body Shop Indonesia melakukan Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli 2023 ke beberapa kampus di Indonesia. Rangkaian acara dimulai di Universitas Sumatera Utara pada 22 Februari 2023, dilanjutkan ke IPB University pada 8 Maret 2023, dan yang terakhir digelar di Universitas Multimedia Nusantara pada 15 Maret 2023. Kampanye terakhir akan dilakukan di Universitas Gadjah Mada pada 25 Maret 2023 mendatang.
Untuk kampanye di UMN, kegiatan roadshow berbasis pada bidang teknologi komunikasi informasi dan kewirausahaan. Tema itu dipilih dengan latar belakang peranan digital dalam sebuah kampanye penyadartahuan dinilai sangat penting. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, sebanyak 98 persen anak-anak dan remaja tahu tentang internet dan 79,5 persen di antaranya pengguna internet. Kegiatan diikuti ratusan mahasiswa UMN, Tangerang, Rabu (15/3/2023).
”Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Universitas Multimedia Nusantara pada kampanye peduli orangutan Tapanuli kali ini. Pengetahuan dan kemauan untuk terlibat pada konservasi satwa di Indonesia harus dimiliki seluruh generasi muda dari berbagi lintas keilmuan dan jurusan.Tentunya mahasiswa UMN dapat berbuat banyak melalui kampanye digital dan program kewirausaan berkelanjutan,” ujar Direktur Eksekutif Yayasan Kehati Riki Frindos.
ARSIP YAYASAN KEHATI
Yayasan Kehati bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (OIC) dengan dukungan The Body Shop Indonesia melakukan Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli 2023 di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Rabu (15/3/2023). Para mahasiswi berpose dengan boneka orangutan.
Riki berharap, keaktifan generasi muda di dunia digital jika digabungkan dengan kesadartahuan terhadap pelestarian keanekaragaman hayati dapat menghasilkan kekuatan kampanye yang signifikan. Lebih bagus lagi, semua hal itu bisa berdampak terhadap perubahan sosial dan kebijakan.
Deputy Head of Communication Science Department UMN Irwan Fakhruddin mengatakan, kegiatan tersebut memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa UMN. Dengan pengetahuan yang sudah didapat, mahasiswa ke depannya diharapkan terlibat aktif dalam kampanye pelestarian orangutan Tapanuli dan satwa lainnya di Indonesia.
”Tantangan sesungguhnya adalah bagaimana membumikan pesan terkait konservasi terutama kepada khalayak sasaran Gen Z. Pesan ini harus dikemas dalam bahasa sederhana, membumi, relate dengan Gen Z, dan memberikan sensasi experiential yang akan membuat mereka dengan sendirinya ikut ambil bagian dalam kampanye yang dijalankan,” kata Irwan.
Lebih lanjut Irwan mengatakan, science communications menjadi kompetensi yang harus dimiliki dan menjadi kerangka dalam mengomunikasikan pesan-pesan saintifik, salah satunya pada program pelestarian orangutan Tapanuli. Irwan yakin kegiatan roadshow ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UMN dan menjadi langkah awal dalam mengambil peran sebagai pemecah masalah yang dapat memberikan dampak untuk kebaikan.
ARSIP YAYASAN KEHATI
Yayasan Kehati bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (OIC) dengan dukungan The Body Shop Indonesia melakukan Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli 2023 di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Rabu (15/3/2023).
Dikaitkan dengan dunia bisnis, Corporate Values Manager The Body Shop Indonesia Dita Agustia mengingatkan, nilai-nilai yang diusung pendiri The Body Shop Anita Roddick, yakni inti dari sebuah bisnis adalah tanggung jawab. Sebuah bisnis seharusnya menjadi kebaikan untuk semua orang, bukan kepuasan pribadi.
”Body Shop mendukung pelestarian orangutan Tapanuli mengajak konsumen untuk ikut aktif bersama-sama melindungi dan melestarikan spesies yang hampir punah ini. Melalui roadshow Orangutan Tapanuli bersama Kehati, kami berharap awareness ini juga sampai ke anak muda yang merupakan agen perubahan dan nantinya dapat menjadi sebuah langkah awal bagi anak muda untuk lebih terlibat dan memulai pergerakan nyata,” ujar Dita.(*)