logo Kompas.id
Muda”Healing” Enggak Harus Mahal
Iklan

”Healing” Enggak Harus Mahal

”Healing” atau pemulihan dari kejenuhan, stres, atau capek psikis sering dihubungkan dengan liburan ke luar kota. Apakah harus seperti itu? Ternyata tidak. ”Healing” bisa dilakukan dengan cara tak berbiaya.

Oleh
SOELASTRI SOEKIRNO, DWI AS SETIANINGSIH
· 6 menit baca
Remaja putri berfoto di jalur pedestrian di jalan protokol Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (18/3/2022). Jalan-jalan bersama teman dekat sambil berburu kuliner dan membuat konten menjadi salah satu pilihan <i>healing</i> atau penyembuhan dari kejenuhan yang banyak dilakukan oleh para remaja.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Remaja putri berfoto di jalur pedestrian di jalan protokol Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (18/3/2022). Jalan-jalan bersama teman dekat sambil berburu kuliner dan membuat konten menjadi salah satu pilihan healing atau penyembuhan dari kejenuhan yang banyak dilakukan oleh para remaja.

Healing atau pemulihan dari kejenuhan, stres, dan capek psikis sering dihubungkan dengan liburan ke luar kota. Apakah harus seperti itu? Ternyata tidak. Healing bisa dilakukan dengan cara yang tak mahal, namun tetap membuat otak kembali jernih dan segar.

Hari-hari ini istilah healing sedang populer. Healing, menurut psikolog klinis Dr Diah Karmiyati, pengajar Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, secara spesifik diartikan sebagai upaya penyembuhan dari stres atau depresi, bisa juga berarti refreshing. Cara healing bermacam-macam, sesuai kemampuan, kesukaan, dan kebutuhan pribadi masing-masing. Waktunya pun bebas, kapan pun bisa.Ternyata beberapa mahasiswa memahami healing dan cara melakukannya. Ambil contoh Okti Hajeng Kristiadi (19), mahasiswa Pogram Studi Bioteknologi Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Semarang, yang memaknai healing sebagai istirahat atau mengambil waktu sejenak untuk menjauh dari kesibukan yang menimbulkan stres atau kesibukan yang dikerjakan terus-menerus sehingga membuat bosan atau lelah. Healing, menurut dia, adalah salah satu bentuk istirahat, rileks, dengan melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Editor:
MARIA SUSY BERINDRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000