Beragam produsen makanan membuat kreasi untuk menu Ramadhan.
Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Memasuki bulan Ramadhan tahun 2021 yang masih dihabiskan di rumah saja karena pandemi Covid-19 menjadi kesempatan untuk mengasah kreativitas mengolah menu makanan sahur dan berbuka bersama keluarga. Olahan makanan sahur dan berbuka yang lezat dan bergizi dapat disiapkan dalam waktu singkat dan melibatkan anggota keluarga untuk menguatkan kebersamaan.
Chef Devina Hermawan di acara #MomenNutella mempersembahkan empat resep yang masing-masing disiapkan hanya dalam waktu 7 menit untuk santap keluarga saat sahur. Berbagai resep #MomenNutella untuk Ramadhan ini dapat diakses di situs web Nuttela dan akun Youtube Chef Devina mulai Rabu (14/4/2021).
”Sarapan adalah santapan yang penting karena membantu mempersiapkan fisik menjalani hari. Tentunya mempersiapkan santapan sahur yang tepat juga menjadi sangat penting di bulan Ramadhan,” ujar Devina.
Resep untuk menu sahur yang dapat disispkan dalam waktu singkat dari Devina adalah Breakfast Bites, Banana Nuggets, Nutella Fried Bread, dan Overnight Oats. Akun Devina di Youtube memiliki 1,4 juta pengikut.
”Mempersiapakan santapan sahur kadang-kadang lebih repot. Karena waktu sahur terbatas dan kita perlu menyemangati anak-anak untuk mau bangun pagi. Dengan resep 7 menit, persiapan singkat dan menambah kebersamaan keluarga saat sahur. Resep praktis sehingga anak bisa ikut membantu mempersiapkan,” kata Devina.
Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan, kebersamaan keluarga dapat dilakukan dengan bonding time. Bahkan, waktu 7 menit pun cukup. ”Membangun ikatan saat santapan pagi pertama kali dan mempersiapkan hidangan meningkatkan kemampuan anak menyusun rencana, mengembangkan kemampuan emosional, kognitif, dan motorik,” kata Ayoe.
Ajakan berkreasi untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa juga diadakan KFC yang berkolaborasi dengan Tupperware Indonesia selama bulan Ramadhan. Kolaborasi ini menghadirkan resep kreasi sahur dengan ayam KFC sebagai salah satu bahan utama. Mereka juga akan meluncurkan beberapa resep kreasi chef pilihan yang nantinya dapat diakses melalui media sosial, serta mengadakan kompetisi berkreasi dengan ayam KFC untuk konsumen.
Kompetisi memasak bertema ”Resep Kreatif dengan Ayam KFC” bisa diikuti dengan cara peserta mengunggah video berkreasi dengan ayam KFC dan menggunakan wadah Tupperware ke media sosial dengan menyertakan tagar #masakbarengKFCTupperware. Ada 10 kreasi paling menarik yang akan dipilih dan masing-masing akan mendapatkan hadiah vocher dan produk senilai Rp 2 juta yang akan diumumkan setelah Idul Fitri.
”Kami ingin berbagi inspirasi dengan konsumen dalam berkreasi. Kolaborasi ini akan memberikan potongan sebesar 15 persen untuk menu bucket whole chicken untuk anggota Tupperware,” kata Chief Marketing Officer PT Fast Food Indonesia Tbk Hendra Yuniarto
Managing Director Tupperware Indonesia Andreas Santoso berharap resep-resep dari chef pilihan selama Ramadhan dapat membantu masyarakat mendapatkan ide menu sahur dan berbuka yang instimewa kepada konsumen. Ada diskon 15 persen untuk pembelian Tupperware untuk konsumen KFC.
Pilihan menu sehat dan bergizi selama Ramadhan juga ditawarkan Greenfields, produsen produk susu dan produk olahan susu. Menu yogurt mengandung probiotik untuk kesehatan usus dan membantu memperlancar pencernaan serta kalsium untuk kesehatan gigi dan tulang.
Greenfields menjadi solusi bagi anak-anak yang sulit mengonsumsi makanan sehat. Dengan varian Greenfields Kids Yogurt Pouch dan Kids Yogurt Drink yang dibuat dalam kemasan unik. ”Kami ingin menyediakan produk untuk seluruh anggota keluarga. Orangtua dapat memberikan camilan berupa yogurt yang lezat dan bernutrisi untuk anak mereka yang aktif,” ujar Syahbantha Sembiring, Indonesia Country Head Marketing and Sales PT Greenfields Dairy Indonesia,