logo Kompas.id
Metropolitan”Nyoblos” Dahulu, Berburu...
Iklan

”Nyoblos” Dahulu, Berburu Diskon Kemudian

Berburu diskon seusai mencoblos merupakan momen yang ditunggu-tunggu warga Jakarta.

Oleh
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY
· 6 menit baca
Mal Kota Kasablanka di Jakarta Selatan ramai pengunjung, Rabu (14/2/2024).
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Mal Kota Kasablanka di Jakarta Selatan ramai pengunjung, Rabu (14/2/2024).

Sejumlah warga Jakarta memilih berburu diskon untuk makan enak seusai menyuarakan pilihan pada Pemilu 2024. Mereka rela datang lebih pagi untuk mencoblos agar tidak kesiangan dan mengantre saat berburu diskon incaran.

Nabila Zahra (22) sedang mengantre di gerai Haagen Dazs di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024) siang. Ujung jari kelingkingnya masih melekat dengan tinta berwana ungu, tanda ia telah mencoblos.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Gerai es krim tersebut menawarkan promo bagi pembeli yang telah menggunakan hak suaranya. Ada promo diskon 50 persen serta gratis upsize untuk pembelian es krim rasa salted caramel dan rasa cokelat.

Baca juga: Siap-siap Pesta Diskon Belanja Saat Pemungutan Suara

”Lumayan sekali promo ini. Ice cream ini, kan, terkenal sangat mahal. Yang termurah saja harganya hampir Rp 50.000. Kapan lagi bisa membeli Haagen Dazs dengan separuh harga,” katanya.

Nabila tidak hanya berniat mengincar promo Haagen Dazs. Tujuan selanjutnya ialah mengincar promo skincare di gerai Innisfree dan mengincar baju di gerai Colorbox.

<i>Store</i> SOGO memberikan diskon hingga 20 persen bagi pengunjung yang kelingkingnya bertinta ungu, Rabu (14/2/2024).
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Store SOGO memberikan diskon hingga 20 persen bagi pengunjung yang kelingkingnya bertinta ungu, Rabu (14/2/2024).

Maria Yuliver (28) rela datang lebih pagi ke tempat pemungutan suara dekat rumahnya di Jakarta Selatan agar tidak kesiangan untuk berburu diskon di mal. Pagi tadi, Maria sudah bersiap ke TPS sejak pukul 07.30.

”Kebetulan tidak terlalu jauh dari rumah ke Mal Kota Kasablanka. Pas sampai tadi, saya langsung ke gerai kopi Janji Jiwa,” katanya.

Di gerai tersebut, ia mendapatkan satu kopi susu gratis (buy one free one). Ia membeli satu kopi susu berukuran besar sehingga mendapatkan satu kopi gratis dengan ukuran besar juga.

Sementara itu, Aldo Madani (21), pengunjung di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, juga tengah mengincar diskon. Meskipun antre, ia tetap berburu diskon di restoran Wingstop demi mendapatkan paket ayam, nasi, dan minuman seharga Rp 19.000.

”Sebelum berburu diskon lainnya, yang paling utama itu mengisi perut. Jadi, harus mengincar diskon yang menyediakan makanan lengkap. Setelah ini mau mencari dessert, lalu belanja baju,” ujar Aldo saat ditemui di GI.

Pengunjung Mal Kota Kasablanka di Jakarta Selatan tengah mengantre di gerai Monsieur Spoon, Rabu (14/2/2024).
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Pengunjung Mal Kota Kasablanka di Jakarta Selatan tengah mengantre di gerai Monsieur Spoon, Rabu (14/2/2024).

Membeludak

Nita, seorang anggota staf di restoran Sate Khas Senayan di Mal Kota Kasablanka, mengatakan, pengunjung yang datang ke tempat makan itu membeludak. Bahkan, mereka rela untuk masuk dalam waiting list atau daftar tunggu.

Restoran tersebut memberikan penawaran berupa gratis satu gelas es merah putih bagi konsumen yang telah mencoblos. Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo itu berlaku bagi konsumen yang melakukan transaksi makan di tempat pada 14 Februari 2024.

Supporting Manager SOGO di Mal Kota Kasablanka, Winari, mengatakan, SOGO memberikan cashback senilai 20 persen bagi pengguna kartu BRI dan BNI Platinum. Adapun transaksi pembelanjaan minimum Rp 2 juta.

Baca juga: Menjaga ”Si Kelingking Ungu” untuk Berburu Diskon Pemilu

Promo ini hanya berlaku pada 14 Februari 2024 bagi pembeli yang telah menggunakan hak suaranya. Namun, pembelian ini hanya bisa dilakukan khusus di store atau secara offline.

Sementara itu, restoran Yoshinoya di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, juga ramai antrean pengunjung. Bagi pembeli yang menunjukkan bukti mencoblos, bisa mendapatkan promo cendol seharga Rp 12.000 dari harga sebelumnya Rp 25.000.

Sejumlah warga berburu diskon pemilu di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Sejumlah warga berburu diskon pemilu di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

”Promo ini berlaku pada setiap pembelian satu beef bowl dan hanya berlangsung hari ini. Dari pukul 10.00 sampai 15.00, kami tidak berhenti melayani pembeli,” kata Vina, seorang penjaga outlet.

Iklan

Diskon untuk warga yang telah menyalurkan hak suara juga diberikan oleh harian Kompas (Kompas.id) melalui program ”Pamer Jari Ungu”. Warga diajak untuk mengunggah foto kelingking bertinta ungu di media sosial X dan Instagram.

Di Instagram, gerakan ini dilakukan menggunakan fitur Add Yours. Warga juga diajak untuk mendengungkan tagar #MudaMemilih yang diinisiasi oleh harian Kompas.

Warga sedang mengantre di gerai Haagen Dazs di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Warga sedang mengantre di gerai Haagen Dazs di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Harian Kompas akan memberikan potongan harga berlangganan Kompas.idsebesar Rp 500.000. Biasanya, bila berlangganan Kompas.id secara bulanan, pelanggan harus membayar Rp 600.000 untuk 1 tahun. Khusus mereka yang mengikuti program ”Pamer Jari Ungu”, cukup membayar Rp 100.000 untuk bisa mengakses seluruh konten Kompas.id selama 1 tahun.

”Ayo, manfaatkan ini, karena program ini hanya berlangsung sampai 15 Februari,” ujar General Manager Integrated Marketing and Branding Harian Kompas Fidelis Terryan.

Pengunjung bersantap di salah satu restoran dengan latar monitor informasi diskon menyambut Pemilu 2024 di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pengunjung bersantap di salah satu restoran dengan latar monitor informasi diskon menyambut Pemilu 2024 di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Menggaet generasi muda

Untuk menurunkan presentase golput, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menggelar pesta diskon bertajuk ”Klingking Fun” di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia pada 14 Februari 2024. Program bertajuk ”Pesta Diskon Antigolput” itu merupakan hasil kerja sama antara Apindo, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, dan Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia.

Program berskala nasional ini salah satunya dilaksanakan di Mal Kota Kasablanka. Di sana, ada beragam diskon belanja bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya. Hanya dengan menunjukkan jari kelingking yang bertinta ungu sebagai bukti telah mencoblos, warga berkesempatan mendapatkan diskon hingga 50 persen, beli 1 gratis 1, dan penawaran menarik lainnya.

”Kami yakin, hadirnya Klingking Fun dapat menggaet partisipasi pemilu lantaran berbagai penawaran yang kami berikan menjadi salah satu motivasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya, terlebih untuk generasi muda,” ujar Direktur Mal Kota Kasablanka, Lusiana.

Baca juga: Siap-siap, Menjemput Diskon ”Tinta Ungu” pada Hari Pemilu

Pada pemilu tahun ini, Kota Kasablanka juga memberikan beragam voucer, salah satunya tiket nonton gratis dengan bermain lucky dip di concierge, atau main lobby ground floor. Pengunjung tidak perlu berbelanja untuk melakukan lucky dip dan mendapatkan voucer. Cukup dengan menunjukkan jari bertinta ungu dan menukarkan satu poin play ground card.

Sejumlah promosi pesta diskon jari bertinta disiapkan oleh sejumlah tenant di Kota Kasablanka. Itu seperti makanan dan minuman seperti Sushi Hiro, A&W, The Haagen-Dazs, Chicago Popcorn, Kimukatsu, Dcrepes, Kopi Kenangan, Pizza Hut, Shaburi, Hop Hop Signature, Remboelan, Ichiban Sushi, Kafe Betawi, J.CO, Dear Butter, Ban Ban, Starbucks, Sushi Tei, Kintan Buffet, dan Sate Khas Senayan.

Sepasang pengunjung Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, menunjukkan jari bernoda tinta sebagai tanda sudah mengikuti pemilihan umum, Rabu (14/2/2024).
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Sepasang pengunjung Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, menunjukkan jari bernoda tinta sebagai tanda sudah mengikuti pemilihan umum, Rabu (14/2/2024).

Ada juga beragam penawaran dari sejumlah toko, seperti SOGO, Watch Studio, Star Time, Informa, Kemayu, Cell Science, Optik Melawai, Optik Tunggal, Zoomoov, Polaris, Kaizen, LeeVierra Kids, Brun Brun, Wakai, Elmer, Colorboc, Erha Ultimate, EA& Emporio Armani, Natural Farm, The Face Club, dan Innisfree.

”Ramaikan pesta demokrasi dengan menyumbangkan suara Anda ke tempat pemungutan suara karena diskon besar-besaran menanti Anda dan kelingking ungu anda,” ujar Lusiana.

Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani mengatakan, Klingking Fun sudah dijalankan sejak tahun 2019. Promosi ini diklaim bisa menurunkan angka golput hingga 18 persen pada tahun 2019.

https://cdn-assetd.kompas.id/smtbJ8i3jbA9vu5aMnxw-xQCItg=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F02%2F14%2Fa9d11670-000a-418c-93f7-a30c301cbba0_jpeg.jpg

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah pemilih golput dalam Pemilu 2019 sebanyak 34.75 juta orang atau sekitar 18,02 persen dari total pemilih yang terdaftar. Jumlah ini menurun dibandingkan pada Pemilu 2014 ketika jumlah pemilih golput mencapai 58,61 juta orang atau 30,2 persen.

”Ragam promonya banyak. Besarannya bervariasi, mulai dari 14 persen hingga 75 persen,” ucapnya.

Diskon pemilu ini dikatakan Shinta juga untuk mendorong kaum muda milenial untuk memilih. Meski pemilu berjalan panas, ia tetap ingin menunjukkan adanya sebuah pesta demokrasi yang menyenangkan.

https://cdn-assetd.kompas.id/WDcLTyEQBaSuPESBn57wBusdQJE=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F02%2F14%2Fa7fe1968-3359-470c-820b-7aac63a7e1dd_jpeg.jpg

Ketua Program Klingking Fun Fetty Kwartati menyebut, sebanyak 800 jenama, 80 gerai, dan 400 mal di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam program ini.

Menurut Fetty, antuasiasme pihak yang perpartisipasi pada tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan lima tahun lalu. Ia pun berharap programnya bisa menjadi event rutin pada tahun-tahun berikutnya seusai pesta demokrasi.

”Ini terlihat baru jam 13.00, tetapi mal (Kota Kasablanka) sudah ramai. Banyak masyarakat yang datang untuk berburu diskon,” katanya sembari memperhatikan suasana mal.

Diskon pemilu ini berlangsung hingga pukul 22.00, yakni jam tutup mal-mal di Jakarta. Warga yang memiliki tinta ungu dan belum merasakan diskon bisa segera mengunjungi mal terdekat.

Editor:
RINI KUSTIASIH
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000