logo Kompas.id
MetropolitanSiap-siap, Menjemput Diskon...
Iklan

Siap-siap, Menjemput Diskon ”Tinta Ungu” pada Hari Pemilu

Usai mencoblos, Rabu, pastikan mengisi hari dengan memanfaatkan berbagai tawaran diskon di mal dan pusat hiburan.

Oleh
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY
· 7 menit baca
Ada promo pemilu pada Rabu (14/2/2024) di gerai Seibu.
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Ada promo pemilu pada Rabu (14/2/2024) di gerai Seibu.

Guna menekan angka golongan putih atau golput pada Pemilu 2024, para pengusaha di bidang kuliner hingga wisata di Jakarta memersuasi warga untuk menggunakan hak pilih dengan memberikan beragam promosi. Promosi berupa tawaran diskon atau potongan harga berbagai produk ini hanya bisa didapat warga yang memiliki tinta ungu” di kelingkingnya.

Sejumlah gerai makanan, fashion, dan kosmetik di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024), telah mengeluarkan seruan diskon pemilu pada Rabu (14/2/2024). Salah satunya di depan restoran Haraku Ramen, lantai 3A. Di tempat tersebut sudah terpasang spanduk bertuliskan semangkuk ramen gratis bagi pembeli yang menunjukkan tinta ungu di jari kelingking usai pemilu.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Pembeli bisa mendapatkan chicken chashu tori paitan ramen,” ujar Sandra, penjaga outlet.

Baca juga: Mal-mal Gelar Festival Diskon Saat Pesta Demokrasi 14 Februari

Promo ini berlaku dengan pembelian satu kali ramen dan hanya berlaku untuk makan di tempat. Adapun promo ini berlangsung tiga hari, yakni pada 14-16 Februari 2024.

Kemudian, di restoran Dunkin Donat, pembeli bisa membeli enam buah Donut Classic hanya dengan harga Rp 14.200 pada hari pemilu. Syaratnya, pembeli hanya perlu melakukan pembelian terlebih dahulu enam buah Donut Classic.

Promo mendapatkan semangkuk ramen pada Haraku Ramen pada 14-16 Februari 2024.
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Promo mendapatkan semangkuk ramen pada Haraku Ramen pada 14-16 Februari 2024.

”Total harga seluruhnya 12 buah donat menjadi sekitar Rp 70.000-an saja,” kata Ina, salah satu penjaga gerai.

Ina melanjutkan, pembeli harus menunjukkan bukti mencoblos kepada kru Dunkin untuk menikmati promosi spesial ini. Promosi tersedia di seluruh gerai Dunkin secara nasional.

Restoran Wingstop menyediakan menu serba Rp 19.000 saat hari pemilu. Ada promo bertajuk ”Spesial Menu Coblos” dengan tiga pilihan paket berbeda.

Baca juga: Ya Imlek, Ya Belanja! Ya Coblos Pemilu, Ya Belanja!

Untuk paket A, pembeli bisa mendapatkan satu Wingstop ayam (dada atau paha), nasi, dan gratis minuman Sprite dengan harga Rp 19.091. Untuk paket B, pembeli bisa mendapat empat boneless wings, nasi dan air soda kemaran dengan harga Rp 19.091. Paket C berisikan satu Flavor Krezz Krezz dan air soda kemasan seharga Rp 19.091. Pembelian dine in (makan di tempat) bisa mengisi ulang minuman secara gratis.

Tawaran menarik ini hanya berlaku pada 14 Februari 2024 dan tersedia di seluruh gerai Wingstop Nasional. Namun, pembeli wajib menunjukkan tinta ungu pada jari.

Sejumlah gerai makanan hingga <i>fashion </i>memberikan diskon pada hari pemilu, Rabu (14/2/2024).
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Sejumlah gerai makanan hingga fashion memberikan diskon pada hari pemilu, Rabu (14/2/2024).

”Diskon berlaku bagi pembeli yang ingin dine in atau take away (pesanan dibungkus). Namun, free Sprite tidak berlaku di gerai Wingstop Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Cawang, Senayan City, dan Summarecon Villagio Outlets,” tutur penjaga outlet Wingstop di Grand Indonesia, Naomi.

Melalui akun Instagram-nya, restoran Bebek Kaleyo juga memberikan diskon 30 persen untuk pembelian semua menu bebek dan ayam khusus pada 14 Februari 2024. Tidak ada minimal pembelian.

Syarat lainnya, pembeli wajib mengikuti, uploadstory (mengunggah cerita) saat promo, dan mention (menyebut) akun instagram @bebekkaleyo76. Promo ini tidak berlaku untuk outlet di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Baca juga: Percetakan hingga Industri Makanan-Minuman Nikmati ”Guyuran” Uang Jelang Pemilu

Kemudian, toko kosmetik Peripera memberikan diskon 20 persen serta gratis satu buah maskara bernilai Rp 190.000 untuk mempercantik alis penggunanya. Konsumen bisa mendapatkan fasilitas ini dengan membeli produk apa saja, selain masker wajah.

”Apa pun produknya, nanti free maskara dengan menunjukkan jari bertinta setelah mencoblos (suara). Enggak ada minimal pembelian. Jadi, semisal membeli barang seharga Rp 115.000, dapat promo 20 persen, dapat juga free maskara,” ujar pramuniaga Peripera, Ikhwanudin.

Berbagai diskon menjelang pemilu di salah satu toko Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Berbagai diskon menjelang pemilu di salah satu toko Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).

Tim Peripera biasanya menyebar informasi jemput bola langsung pada konsumennya satu per satu. Caranya dengan menawarkan produk melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp. Antusiasme konsumen diantisipasi dengan menambah stok bonus Speedy Skinny Brow Mascara meski hingga kini kuotanya belum ditentukan.

Begitu juga Seibu Store yang turut memberi diskon hingga 20 persen dengan menunjukkan tinta ungu. Diskon ini hanya berlaku pada 14 Februari 2024 dan di seluruh toko Seibu. Kemudian, gerai iBox juga memberi diskon Rp 50.000 untuk pembelian minimal Rp 1.999.000.

Diskon pemilu di restoran Sari Rasa di Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Diskon pemilu di restoran Sari Rasa di Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).

Warga Jakarta Selatan, Ayudia Herlina (28), sudah mencatat sebagian gerai yang menawarkan diskon pemilu. Ia akan berburu diskon bersama temannya setelah selesai mencoblos.

Begitu pula halnya warga Jakarta Barat, Saskia Anjani (24). Ia sudah mengincar beberapa diskon produk kosmetik. Promosi potongan harga produk kosmetik sangat menggiurkan baginya.

Iklan

Masyarakat yang telah menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia bisa menikmati rekreasi lebih hemat setelah mencoblos.

Warga bermain wahana di Dufan, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2023).
FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Warga bermain wahana di Dufan, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2023).

Promosi tempat wisata

Untuk tempat wisata, Ancol menawarkan promo diskon pemilu bagi pengunjung yang sudah menggunakan hak pilihnya pada Rabu 14 Februari 2024. Ada beragam promosi yang diberikan untuk masuk ke berbagai wahana di Ancol, mulai dari wahana Dufan, Atlantis, Samudra, Jakarta Bird Land, hingga Sea World Ancol.

”Program khusus ini merupakan apresiasi kami bagi masyarakat yang telah menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia sehingga bisa menikmati rekreasi lebih hemat setelah mencoblos,” ujar Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Eddy Prastiyo.

Harga untuk tiket masuk Dufan yang semula Rp 275.000 menjadi Rp 140.000 per orang. Kemudian, untuk masuk Atlantis yang biasanya Rp 110.000 per tiket menjadi Rp 55.000 saja. Begitu pun dengan masuk Samudra dari sebelumnya Rp 110.000 menjadi Rp 55.000.

Promo pemilu di tempat wisata Ancol, Jakarta Utara.
HUMAS ANCOL

Promo pemilu di tempat wisata Ancol, Jakarta Utara.

Untuk memasuki Jakarta Bird Land, pengunjung cukup membayar Rp 45.000 dari harga normal Rp 85.000. Kemudian, tiket Sea World Ancol dari Rp 125.000 menjadi Rp 65.000.

Meski demikian, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo ini. Promo hanya untuk pembelian tiket luring dan juga berlaku hanya pada 14 Februari 2024.

Selanjutnya, satu jari tinta pemilu hanya berlaku untuk satu tiket promo Pemilu 2024. Promo belum termasuk tiket masuk gerbang Ancol, baik gerbang khusus orang dan maupun untuk kendaraan.

Ancol juga melakukan sedikit perubahan jam operasional unit rekreasi pada 14 Februari 2024. Dufan dibuka dari pukul 11.00 hingga 20.00. Sea World Ancol, Samudra, dan Jakarta Bird Land dibuka dari pukul 10.00 hingga 17.00. Kemudian Atlantis Ancol dari pukul 09.00 hingga 17.30.

Melalui informasi di Instagram resminya, @tmiiofficial, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga memberikan promo spesial pada momen Pemilu 2024. Caranya, pengunjung harus membeli tiga tiket untuk mendapatkan satu tiket gratis. Selain itu, tiket masuk Museum Indonesia dan Contemporary Art Gallery hanya Rp 35.000 dari harga normal Rp 50.000.

Warga melihat Danau Archipelago yang telah selesai direvitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (20/11/2022).
FAKHRI FADLURROHMAN

Warga melihat Danau Archipelago yang telah selesai direvitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Ada juga promo beli 2 gratis 1 tiket untuk masuk Museum Keprajuritan & Museum Transportasi, serta Gratis masuk ke Museum Prangko, Museum Penerangan, Museum Hakka, dan Museum Cheng Ho. Dapatkan juga diskon 10 persen untuk masuk Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Skyworld, dan Keong Emas.

Promo ini hanya berlaku pada 14 Februari 2024. Promo harga tiket masuk TMII berlaku untuk pengunjung yang menunjukkan jari bertinta salah satu keluarga/rombongan. Pembelian tiket hanya di tiket.tamanmini.com.

Promosi di Jagat Satwa dan SkyWorld berlaku hanya untuk pengunjung yang menunjukkan jari bertinta ungu. Lalu, promosi Museum Prangko berlaku untuk pengunjung yang menunjukkan jari bertinta ungu dari salah satu keluarga/rombongan dan harus membagi foto di Instagram lalu menyebut @museumprangko_tmii.

Kemudian, promosi Keong Emas berlaku untuk pengunjung dengan menunjukkan jari bertinta salah satu keluarga/rombongan. Promosi tidak termasuk tiket kendaraan.

Wisatawan naik perahu kayuh di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (12/2/2022).
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Wisatawan naik perahu kayuh di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (12/2/2022).

Turunkan presentase golput

Pada Pemilu 2024, lebih dari 204,8 juta pemilih dari 38 provinsi diharapkan berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Berdasarkan survei Kompas pada Desember 2023, sebanyak 28,7 persen responden belum menentukan pilihannya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Untuk menurunkan presentase golput, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menggelar pesta diskon bertajuk Klingking Fun di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia pada 14 Februari 2024. Program bertajuk ”Pesta Diskon Antigolput” itu merupakan hasil kerja sama antara Apindo, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, dan Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia.

Pesta diskon serupa sebelumnya juga dilaksanakan saat Pemilu 2019. Program tersebut cukup berhasil menurunkan persentase golput di Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah pemilih golput dalam Pemilu 2019 sebanyak 34,75 juta orang atau sekitar 18,02 persen dari total pemilih yang terdaftar. Jumlah ini menurun dibandingkan Pemilu 2014 ketika jumlah pemilih golput mencapai 58,61 juta orang atau 30,2 persen.

Ketua Program Klingking Fun Fetty Kwartati menyebut, sebanyak 800 jenama, 80 gerai, dan 400 mal yang tersebar di seluruh Indonesia akan berpartisipasi menyemarakkan acara. Hampir seluruh produk melekat beragam promonya, mulai dari makanan dan minuman, fashion, alat kecantikan, salon, hingga bioskop.

Sejumlah warga mengunjungi Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Sejumlah warga mengunjungi Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).

Untuk bisa mendapatkan diskon saat pemilu, calon pembeli cukup menunjukkan jari klingking yang telah diberi tinta ungu, tanda telah mencoblos.

Fetty menyebutkan, diskon yang akan diberikan bervariasi karena pihaknya memberikan kebebasan kepada pengusaha untuk menentukan diskonnya. Diskon bisa saja berupa diskon tambahan 14 persen, 10 persen, atau promo beli 1 gratis 1.

”Kami berharap target tahun ini bisa sama seperti Pemilu 2019, naik tiga kali sampai 10 kali lipat,” kata Fetty.

Adanya pesta diskon yang ditawarkan sejumlah brand di pusat-pusat perbelanjaan diharapkan juga bakal mendongkrak kunjungan masyarakat untuk belanja di pusat perbelanjaan saat pemilu.

Editor:
NELI TRIANA, RINI KUSTIASIH
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000