logo Kompas.id
MetropolitanMenjaga ”Si Kelingking Ungu”...
Iklan

Menjaga ”Si Kelingking Ungu” untuk Berburu Diskon Pemilu

Demi promo makanan hingga wisata saat pemilu, warga akan menjaga dirinya beserta ”tinta ungu”-nya sepanjang hari.

Oleh
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY
· 4 menit baca
Pemandangan dari atas kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pemandangan dari atas kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Usai mencoblos, sejumlah warga Jakarta berencana menghabiskan hari libur Pemilu 2024 dengan nongkrong hingga ke tempat hiburan. Mereka pun memiliki tips agar tinta ungu yang menjadi salah satu syarat berburu diskon itu tidak cepat luntur. Menjaga dan menyiapkan diri agar tidak terjebak di keramaian juga dilakukan.

Pemilu pada Rabu (14/2/2024) besok merupakan momen pemilu kedua bagi Cecilia Mika Agatha (23), warga Jakarta Barat. Setelah menuntaskan hak memilihnya, ia akan healing ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bersama sejumlah temannya.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Untuk menghindari macet, Cecil akan berangkat lebih pagi. Ia memutuskan ke TMII menggunakan Commuter Line.

Baca juga: Siap-siap, Menjemput Diskon ”Tinta Ungu” pada Hari Pemilu

”Lumayan ada promo beli dua gratis satu tiket dengan menunjukkan bukti ikut pemilu (menunjukkan tinta ungu di jari). Bisa lebih hemat,” katanya saat ditemui di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

Sebab, besok merupakan hari libur nasional dan ada diskon, Cecil menduga bakal antre dan banyak pengunjung di TMII. Untuk itu, Cecil akan mengutamakan mengunjungi atau menaiki wahana favoritnya terlebih dahulu, seperti naik gondola dan ke Art Gallery.

Sejumlah gerai makanan hingga mode<i></i>memberi diskon pada hari pemilu, Rabu (14/2/2024).
KOMPAS/ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Sejumlah gerai makanan hingga modememberi diskon pada hari pemilu, Rabu (14/2/2024).

”Besok pasti bakal antre dan pengunjung membeludak. Harus terus sedia air putih biar tidak mudah capek. Harus lebih hati-hati juga dengan barang bawaan agar tidak hilang atau tertukar. Kalau bingung dengan rutenya atau mau ke mana dulu, mungkin akan minta bantuan petugas untuk diarahkan,” ujar Cecil.

Cecil juga akan meneruskan berburu diskon dengan makan di restoran yang menawarkan promo pemilu. Karena itu, ia berencana akan menjaga jari kelingkingnya hingga malam hari agar tidak mudah luntur saat berkeringat atau terkena air.

”Pokoknya seharian tidak boleh luntur besok tintanya. Kalau megang apa-apa harus hati-hati, terutama megang minuman dingin,” katanya lalu tertawa.

Baca juga: Mal-mal Gelar Festival Diskon Saat Pesta Demokrasi 14 Februari

Sementara itu, warga Bekasi, Jawa Barat, Zulian Fatha (28), berencana main ke Mal Senayan Park di Jakarta Pusat setelah mencoblos. Ia sudah mencatat sejumlah makanan yang menawarkan promo menarik dan akan mulai berburu pukul 09.00 bersama temannya.

”Saya lebih tertarik berburu diskon makanan, seperti diskon Mie Gacoan, Cha Time, Sushi Go, dan Yakiniku Lite,” katanya.

Dua mahasiswi Universitas Surabaya perangkai 150 rubik sebagai instalasi untuk kampanye kepada pemilih terutama generasi Z agar menggunakan hak pilih dalam pemungutan suara Pemilihan Umum 14 Februari 2024.
AMBROSIUS HARTO MANUMOYOSO

Dua mahasiswi Universitas Surabaya perangkai 150 rubik sebagai instalasi untuk kampanye kepada pemilih terutama generasi Z agar menggunakan hak pilih dalam pemungutan suara Pemilihan Umum 14 Februari 2024.

Agar tinta ungu di jari kelingkingnya tidak mudah luntur, Zulian akan lebih berhati-hati, baik saat membasuh tangan sebelum makan maupun ibadah. Sebab, ia berencana bermain dan berburu diskon hingga sore menjelang malam.

Iklan

Begitu pula dengan warga Jakarta Barat, Saskia Anjani (24), yang sudah mencatat sebagian gerai dengan penawaran diskon pemilu. Agar bisa mengunjungi mal tepat pukul 10.00, ia sudah menetapkan niat untuk mencoblos lebih pagi.

Saskia sudah mengincar beberapa diskon produk kosmetik. Promosi potongan harga produk kosmetik sangat menggiurkan baginya.

Diimbau kepada para pengguna jalan saat Hari Pemilu agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan mengutamakan keselamatan di jalan.

Berbeda dengan warga Jakarta Barat, Velicia Ong (23). Ia belum menentukan akan berburu diskon atau tidak setelah pesta demokrasi selesai.

Namun, Veli berencana mengunjungi makam neneknya di Cikarang setalah mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) di dekat rumahnya. Setelah itu, ia melanjutkan aktivitasnya, meeting online, pada pukul 16.00.

Diskon pemilu di restoran Sari Rasa di Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY

Diskon pemilu di restoran Sari Rasa di Mal Grand Indonesia, Selasa (13/2/2024).

Pesta diskon

Untuk menurunkan persentase golongan putih atau golput, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menggelar pesta diskon bertajuk ”Klingking Fun” di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia pada 14 Februari 2024. Program bertajuk ”Pesta Diskon Antigolput” itu merupakan hasil kerja sama antara Apindo, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, serta Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelaniaan Indonesia.

Ketua Program Klingking Fun Fetty Kwartati menyebut, sebanyak 800 jenama, 80 gerai, dan 400 mal yang tersebar di seluruh Indonesia akan berpartisipasi menyemarakkan acara. Hampir seluruh produk melekat beragam promosinya, mulai dari makanan dan minuman, mode, alat kecantikan, salon, hingga bioskop.

Untuk bisa mendapatkan diskon saat pemilu, calon pembeli cukup menunjukkan jari kelingking yang telah diberi tinta ungu, tanda telah mencoblos. Diskon yang akan diberikan bervariasi, mulai diskon tambahan 14 persen, 10 persen, hingga promo beli 1 gratis 1.

Baca juga: Ya Imlek, Ya Belanja! Ya Coblos Pemilu, Ya Belanja!

”Kami berharap target tahun ini bisa sama seperti Pemilu 2019, naik tiga kali sampai sepuluh kali lipat,” kata Fetty.

Adanya pesta diskon yang ditawarkan sejumlah brand (jenama) di pusat-pusat perbelanjaan ini diharapkan Fetty juga bakal mendongkrak kunjungan masyarakat untuk belanja di pusat perbelanjaan saat pemilu.

Warga mencari informasi terkait pengurusan pindah tempat memilih di kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 di <i>car free day</i> atau hari bebas kendaraan bermotor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2023).
KOMPAS/PRIYOMBODO

Warga mencari informasi terkait pengurusan pindah tempat memilih di kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 di car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2023).

Adapun Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 10 Tahun 2024 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 sebagai Hari Libur Nasional. Yang artinya, 14 Februari 2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024. Maka dari itu, banyak warga akan mengunjungi tempat wisata atau hiburan setelah mencoblos.

Saat pemilu besok, Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun meniadakan penerapan nomor kendaraan ganjil genap.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ketentuan ini juga dimuat dalam Pergub Nomor 88 Tahun 2019 Pasal 3 yang menyebutkan, pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan dengan keppres.

Meski ganjil genap ditiadakan, Syafrin mengimbau masyarakat agar tetap menjaga keselamatan dan mematuhi rambu lalu lintas saat berkendara.

”Diimbau kepada para pengguna jalan saat Hari Pemilu agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan mengutamakan keselamatan di jalan,” tutur Syafrin.

Editor:
RINI KUSTIASIH
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000