logo Kompas.id
MetropolitanPengguna Minta Tiket Berbasis ...
Iklan

Pengguna Minta Tiket Berbasis Akun Akomodasi Kepentingan Umum

Sistem tiket berbasis akun diujicobakan sejak Agustus lalu. Penerapannya memanfaatkan pemindaian kode batang dalam aplikasi JakLingko untuk perpindahan moda transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta.

Oleh
ATIEK ISHLAHIYAH AL HAMASY, FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
· 3 menit baca
Calon penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta di Halte Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2023).
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Calon penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta di Halte Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Uji coba sistem tiket berbasis akun, account based ticketing atauABT, diharapkan adil bagi masyarakat luas. Di sisi lain, sistem tersebut dianggap tidak relevan dengan upaya mengurangi jumlah penggunaan kendaraan bermotor pribadi.

Sistem ABT diuji coba sejak Agustus lalu. Penerapannya memanfaatkan pemindaian QR code atau kode batang dalam aplikasi JakLingko untuk perpindahan moda transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT.

Editor:
NELI TRIANA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000