Formula E Digelar, Nikmati Adu Pacu Mobil Balap Listrik yang Atraktif
Mulai hari ini, tim-tim dari sejumlah negara beradaptasi dengan panasnya kota Jakarta demi performa terbaik saat memacu mobil balap listrik di ajang Jakarta E-Prix di Ancol.
Oleh
FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
·5 menit baca
KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
Mekanik tim Jaguar TCS Racing Team menyiapkan mobil Gen3 di area paddock AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Jumat (2/6/2023) siang.
Terik matahari dan hawa panas menemani persiapan tim-tim balap Formula E Jakarta 2023, Jumat (2/6/2023) siang. Mereka mengotak-atik mobil Gen3 di area paddock AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara.
Mobil balap bertenaga listrik itu akan menjajal lintasan dalam latihan bebas, kualifikasi, dan balapan yang berlangsung mulai Sabtu (3/4/2023) hingga Minggu (4/6/2023). Balapan yang digadang-gadang atraktif akan berlangsung masing-masing selama 36 putaran dan 38 putaran.
Siang itu, sejumlah mekanik berpakaian serba hitam tengah mengecek kesiapan mobil balap untuk Mitch Evans dan Sam Bird dari Jaguar TCS Racing Team. Mitch Evans merupakan pemenang Formula E Jakarta 2022.
Tata Consultancy Services (TCS) sebagai mitra dari Jaguar TCS Racing Team mengimplementasikan teknologi digital twins dan komputasi awan pada mobil balapnya. Teknologi tersebut untuk meningkatkan performa mobil sekaligus memindai data dari lintasan balap ke jalan raya. Tujuan akhirnya tentu saja mengulang kesuksesan Jaguar TCS Racing sebagai pemenang balapan seperti tahun lalu.
KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
Suasana area paddock AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Jumat (2/6/2023) siang.
Elina Yu Jia, Country Head of TCS Indonesia, menyebutkan, digital twins sebagai representasi digital dari produk fisik, sistem, atau proses nyata secara aktual. Teknologi itu ialah salinan digital yang tak terpisahkan dari produk fisik dan dapat digunakan untuk tujuan praktis, seperti simulasi, pengujian, pelatihan, dan perawatan.
”Simulasi digital twins memainkan peran penting dalam persiapan dan strategi balapan, memungkinkan Jaguar TCS Racing untuk meningkatkan batas-batas performa dalam lingkungan virtual,” ucap Elina.
Batas performa dalam lingkungan virtual ini selanjutnya diuji, dianalisis, dan divalidasi. Dengan begitu, dapat dipastikan peningkatan performa mobil balap di lintasan.
Teknologi komputasi awan turut memainkan peran penting untuk performa mobil. Komputasi awan mempercepat pemrosesan data sehingga aksesnya tepat waktu. Ketepatan ini untuk memperbaiki pengaturan mobil dan ujungnya meningkatkan performa secara keseluruhan selama di lintasan balap.
”Penerapan langsung pembelajaran dari lintasan memiliki pengaruh positif yang nyata pada performa mobil produksi Jaguar,” ujar Elina.
KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
Suasana garasi tim Jaguar TCS Racing Team di area paddock AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Jumat (2/6/2023) siang.
Teknologi ini untuk Sam dan Mitch agar terbiasa dengan cuaca Jakarta yang panas. Mereka harus terbiasa supaya optimal selama balapan.
Siasati panas
Jaguar TCS Racing turut menyiasati terik matahari dan hawa panas Jakarta agar performa pebalapnya optimal. Untuk itu, digunakan teknologi atmospheric pressure chamber.
Chris Shortt, Technical Operations Manager Jaguar TCS Racing, saat sesi tur garasi menjelaskan, atmospheric pressure chamber berbentuk ruangan 5 meter x 5 meter. Dalam ruangan terdapat alat olahraga untuk mempersiapkan fisik dan ketahanan suhu pebalapnya lantaran teknologinya mereplikasi kondisi cuaca, kelembaban, dan iklim suatu tempat yang dalam hal ini kota Jakarta.
”Teknologi ini untuk Sam dan Mitch agar terbiasa dengan cuaca Jakarta yang panas. Mereka harus terbiasa supaya optimal selama balapan,” kata Chris Shortt.
Jaguar TCS Racing optimistis dengan segala persiapannya jelang balapan. Mereka yakin bisa memetik hasil maksimal sama seperti tahun 2022.
KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
Chris Shortt, Technical Operations Manager Jaguar TCS Racing, saat sesi tur garasi di area paddock AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Jumat (2/6/2023) siang.
Sam Bird, pebalap dari Jaguar TCS Racing Team, mengamini persiapan timnya beradaptasi dengan panasnya Jakarta. Adaptasi itu berguna mencegahnya dari sakit kepala dan telinga akibat hawa panas. Sebaliknya, kondisi yang stabil membantunya berpikir jernih dalam mengambil keputusan selama balapan.
Mitch Evans, juara balapan tahun lalu, pun optimistis bisa menyamai capaian sebelumnya. Kini dia fokus beradaptasi dengan mobil Gen3 sekaligus menjaga kebugaran tubuh agar prima menjalani dua kali balapan.
Persiapan akhir
Jumat siang, mobil panitia pelaksana hingga tim balap sudah wira-wiri di lintasan. Mereka memastikan kondisi lintasan jelang balapan.
Panitia pelaksana dari Jakarta Propertindo (Perseroda) menjanjikan balapan yang semarak dengan salip-menyalip. Seluruh tim yang berjumlah 11 dengan 22 pebalap juga bakal menghadapi tantangan baru.
Lintasan balap yang dibangun khusus dengan lokasi di tepi perairan dan urukan akan menguji pebalap dengan 18 tikungannya. Kondisi ini menjadi ruang untuk manuver merebut posisi terdepan.
Balapan mobil listrik Formula E Jakarta akhirnya rampung. Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing keluar sebagai juara balapan Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 yang berlangsung di Jakarta E-Prix Circuit (JIEC) pada Sabtu (4/6/2022).
Paddock and Logistics Director Formula E Barry Mortimr menyebutkan, sengitnya balap tak lepas dari mobil Gen3. Peningkatan kecepatan dan pembaruan dari sisi baterai menjadi hal yang krusial dalam pengembangan mobil listrik tersebut.
Perbedaan utama antara mobil Gen3 dan Gen2 ialah kemampuan memproduksi tenaga listrik selama balapan. Mesin penggerak atau powertrain yang sebelumnya hanya berada di ban belakang kini juga dipasang di ban bagian depan.
Alhasil, mobil Gen3 akan menghasilkan tenaga sebesar 600 kilowatt per jam. Tenaga itu berasal dari ban depan sebesar 250 kilowatt per jam dan ban belakang sebanyak 350 kilowatt per jam.
Efisiensi mobil dalam memproduksi tenaga turut membuat ukuran baterai mengecil. Hal itu berdampak pada berat mobil menjadi 60 kilogram lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya. Mobil Gen3 juga dilengkapi teknologi regenerative breaking yang mampu menghasilkan tenaga listrik lewat pengereman sehingga meningkatkan tenaga mobil.
Ikon Jakarta yang terdiri dari Monumen Nasional, gigi balang (ornamen pada tepi atap rumah Betawi), ondel-ondel, dan kuku macan (rantai kuku macan simbol kegagahan lelaki Betawi) menghiasi area AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Jumat (2/6/2023) siang.
Di sisi lain, antusias warga menyambut 2023 GulaVit Jakarta E-Prix berbuah positif. Tiket balapan kategori Jakarta Royal Suites, Jakarta Deluxe Suites, Grand Stand, dan Circuit Festival laris manis sehingga setidaknya 40.000 penonton akan memadati dan meramaikan balapan. Ludesnya tiket selaras dengan target panitia pelaksana menghadirkan 20.000 penonton langsung di area sirkuit dan 50.000 penonton di panggung hiburan selama adu pacu mobil listrik tersebut.
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Iwan Takwin melihat animo warga yang tinggi terhadap Formula E. Animo tersebut sejalan dengan kemasan yang menarik lewat ragam promosi oleh panitia pelaksana.
”Hasilnya kembali dipercaya untuk menggelar satu seri balapan Formula E. Rencananya, balapan tahun depan digelar 8 Juni 2024,” kata Iwan.
Selamat bertanding, para pebalap tangguh. Sukses juga untuk Jakarta dan masyarakatnya dalam gelaran Formula E pada tahun kedua ini.