Halte Cikoko Cawang Terintegrasi dengan Stasiun KRL dan LRT Jabodebek
PT Transjakarta memastikan Halte Cikoko Stasiun Cawang yang tengah direvitalisasi akan siap akhir Januari 2023. Halte yang merupakan bagian dari pelayanan Koridor 9 itu akan terhubung dengan stasiun KRL dan LRT.
Oleh
HELENA FRANSISCA NABABAN
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Revitalisasi Halte Transjakarta Cikoko Stasiun Cawang, Pancoran, Jakarta Selatan, sampai hari ini sudah mencapai 90 persen. Terletak bersisian dengan Tol Dalam Kota, halte itu dipastikan akan terintegrasi dengan moda angkutan umum lainnya di kawasan itu. Halte diperkirakan siap pada akhir Januari 2023.
”Halte Cawang Cikoko akan mengintegrasikan bus-bus Transjakarta dengan kereta KAI Commuter dan LRT Jabodebek,” kata Direktur Teknik dan Digital PT Transportasi Jakarta Mohamad Indrayana, Rabu (18/1/2023).
Untuk memudahkan pergerakan penumpang dari Halte Cikoko Stasiun Cawang yang merupakan bagian dari Koridor 9 Pluit-Pinang Ranti ke kedua stasiun itu, penumpang akan mendapati akses berupa jembatan penyeberangan orang. Selain itu, juga akan ada lift.
Secara terpisah, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta Anang Rizkani Noor menjelaskan, sejak direvitalisasi pada pertengahan 2022, saat ini jembatan penyeberangan orang berkanopi sudah bisa dilalui. Namun, untuk penumpang difabel belum bisa menggunakan lift.
”Lift ini akan siap pada pertengahan Februari 2023. Namun, untuk lain-lainnya akan siap di akhir Januari 2023,” ujarnya.
Penumpang KRL ataupun LRT yang hendak menuju halte Transjakarta, nantinya setelah melewati jembatan akan sampai ke area komersial Transjakarta. Dari area itu penumpang perlu turun ke lantai 1 untuk mendapatkan layanan angkutan Transjakarta.
Selain Halte Cikoko Cawang, menurut Anang, halte lain yang akan siap di akhir Januari 2023 adalah Halte Pasar Kebayoran Lama. Halte yang masih direnovasi itu merupakan bagian dari Koridor 8 Harmoni-Lebak Bulus.
Sekarang halte itu juga tengah dalam proses penyelesaian revitalisasi. Dalam perencanaan, halte itu akan terhubung dengan jembatan penyeberangan yang menghubungkan Stasiun KRL Kebayoran dengan Halte Transjakarta Velbak Koridor 13 dan Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama Koridor 8.
Adrianus Satrio Adi Nugroho dari Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) mengatakan, revitalisasi, baik halte maupun stasiun, harus memenuhi kebutuhan transit dan integrasi masyarakat pengguna angkutan umum.