logo Kompas.id
MetropolitanPenyandang Difabel Netra Masih...
Iklan

Penyandang Difabel Netra Masih Temui Kendala Ketika Mengakses Pelayanan Perbankan

”Banyak tunanetra yang tidak diperbolehkan membuat rekening di cabang dan bank lain. Makanya butuh pengawasan dan standar pelayanan yang sama untuk para disabilitas,” kata penyandang disabilitas netra, Mardi Haryanto.

Oleh
Ayu Nurfaizah
· 4 menit baca
 Eka Setiawan mencoba fitur deteksi wajah di Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, Senin (2/1/2023).
AYU NURFAIZAH UNTUK KOMPAS

Eka Setiawan mencoba fitur deteksi wajah di Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, Senin (2/1/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Manajemen perbankan sebaiknya menyusun protokol layanan ramah disabilitas yang mudah diimplementasikan hingga ke unit-unit pelayanan jasa perbankan terkecil. Hal ini bertujuan untuk mencegah ada penyandang difabel yang tidak dapat mengakses layanan perbankan karena petugas belum memahami protokol layanan ramah disabilitas.

Saat membuat rekening baru di Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, Senin (2/1/2023), penyandang difabel netra, Eka Setiawan, terkendala dua hal. Petugas bank meminta Eka membawa pendamping dan dia pun tidak dapat menggunakan fitur layanan perbankan mobil (mobile banking/m-banking).

Editor:
HAMZIRWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000