Hari Natal kian menjelang. Semaraknya pun mulai terasa di mal-mal Jakarta. Dekorasi dan kegiatan Natal dipersiapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung.
Oleh
WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Pusat perbelanjaan di Jakarta mulai menghias bagian dalam dan luarnya dengan dekorasi natal. Kegiatan bertema Natal juga disiapkan untuk memikat pengunjung. Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diharapkan menjadi momentum memulihkan jumlah pengunjung.
Sejak awal Desember 2022, ornamen-ornamen natal telah menghiasi Puri Indah Mall di bilangan Jakarta Barat. Dengan mengusung tema ”Classic Christmas”, Puri Indah Mall tampil beda daripada tahun sebelumnya, mulai dari lampu-lampu, pohon cemara, ranting-ranting pohon di balkon, lagu-lagu, kegiatan, hingga ornamen natal lainnya.
”Temanya ’Classic Christmas’, tetapi didominasi oleh tempat bermain untuk anak-anak atau playground. Memasuki libur sekolah, anak-anak banyak yang butuh tempat bermain, jadi disediakan lahannya di Puri Indah Mall,” ujar Eldian Hudaya dari Event Promotion Puri Indah Mall saat ditemui di Jakarta, Minggu (11/12/2022).
Area bermain anak terletak di lantai dasar dengan tempat untuk bermain bola-bola, berseluncur, dan berlompatan. Istana balon dengan model kucing berwarna biru, robot-robot, dan rumah menjadi tempat anak-anak berinteraksi dan bermain. Orangtua mereka juga masuk ke area tersebut untuk mengawasi dan terkadang juga ikut bermain.
Setiap Sabtu dan Minggu pukul 15.00-17.00, Santa Klaus dan anak-anak perempuan berkostum serupa serta peri muncul untuk menari dan menghibur para pengunjung. Para orangtua mengajak anak-anak berfoto bersama dengan Santa Klaus. Lengkap dengan kostum yang didominasi warna merah, mereka berkeliling mal untuk menyapa, berfoto, dan membagikan permen bagi anak-anak.
Konsepnya meet and greet, jadi pengunjung dapat bertemu dan berfoto bersama dengan Santa Klaus. Musim Natal dan Tahun Baru ini dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung yang sebelumnya sempat tertahan di rumah masing-masing,” ucap Eldian.
Musim Natal dan Tahun Baru ini dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung yang sebelumnya sempat tertahan di rumah masing-masing.
Jumlah pengunjung periode Natal 2022, kata Eldian, meningkat 5-10 persen daripada tahun sebelumnya. Jumlah ini dihitung dari volume kendaraan yang digunakan pengunjung. Kendati meningkat, jumlah pengunjung masih belum mencapai setengah dari total kapasitas Puri Indah Mall. Dari total 220 area yang disewakan telah terisi 85-90 persen. Sebagian di antaranya akan buka kembali pertengahan Desember 2022.
Selain Puri Indah Mall, pusat perbelanjaan lain juga melakukan hal sama dalam mendekorasi dan menyiapkan kegiatan yang hampir seluruhnya bertema Natal. Di Emporium Pluit Mall, misalnya, ada pohon natal besar sekitar 10 meter di pintu masuk dan pernak-pernik natal menghiasi interior mal tersebut.
Pohon natal, miniatur Santa Klaus, lengkap dengan rumahnya pun menghiasi Lippo Mall Puri yang tahun ini mengusung tema ”A Very Vintage Christmas”. Di sisi lain, kegiatan-kegiatan penunjang juga telah disiapkan agar pengunjung tetap terpikat datang.
Ada parade Santa Klaus dan arena bermain di Lippo Mall Puri. Festival nyanyian natal digelar di Emporium Pluit Mall. Kemegahan berswafoto dengan dekorasi natal ada di Grand Indonesia, dan lain sebagainya. Hampir semua dapat dinikmati pengunjung secara gratis tanpa dipungut biaya.
Sejumlah pengunjung menilai langkah ini baik dan unik dalam memecah kebuntuan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Mereka jenuh dengan lingkungan kerja dan butuh suasana baru.
Ari Febrian (21), warga Jakarta Barat, misalnya, datang ke mal hanya untuk menikmati suasana Natal dan alunan lagu bertema Natal. Meskipun dekorasi natal hampir tidak ada yang berubah seiring waktu, dia tetap merindukan suasana musiman seperti ini.
”Mal di Jakarta rata-rata cocok untuk didatangi keluarga. Kegiatan-kegiatan musiman seperti ini (Natal) sangat menghibur dan membantu anak-anak untuk keluar dari gadget (gawai)-nya,” ujar Linda (36), warga Jakarta Barat, sambil menggendong anaknya yang merengek minta masuk ke area bermain.
Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengutarakan, pusat perbelanjaan menyambut baik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Hal ini karena kondisi pandemi yang lebih terkendali ketimbang tahun lalu.
”Dengan diberlakukannya PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 1, pusat perbelanjaan dapat melakukan banyak kegiatan promosi dan berbagai acara yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan dan penjualan,” ujarnya.
Dengan diberlakukannya PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 1, pusat perbelanjaan dapat melakukan banyak kegiatan promosi dan berbagai acara yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan dan penjualan.
Selain bulan puasa dan Lebaran, Alphonzus menambahkan, momen Natal dan Tahun Baru merupakan musim puncak pengunjung. Tahun ini pihaknya menargetkan dapat mendorong jumlah kunjungan serta peningkatan penjualan agar dapat melewati tahun 2022 dengan kondisi yang lebih baik dibandingkan dua tahun sebelumnya.