logo Kompas.id
MetropolitanDishub DKI Batalkan Pemisahan ...
Iklan

Dishub DKI Batalkan Pemisahan Duduk di Angkot, Maksimalkan Pos Aduan dan Nomor Aduan

Dishub DKI Jakarta membatalkan kebijakan pemisahan tempat duduk penumpang laki-laki dan perempuan di angkot guna mencegah pelecehan seksual. Dishub memaksimalkan POS SAPA dan nomor aduan untuk pencegahan dan penanganan.

Oleh
HELENA FRANSISCA NABABAN
· 5 menit baca
Penumpang turun dari  angkutan mikrotrans JakLingko di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (4/7/2020). Angkutan mikrotrans kembali beroperasi melayani penumpang umum setelah lebih dari tiga bulan tidak beroperasi sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan. Pada masa perpanjangan PSBB transisi, jumlah penumpang yang naik dibatasi dan diterapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI (RAD)

Penumpang turun dari angkutan mikrotrans JakLingko di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (4/7/2020). Angkutan mikrotrans kembali beroperasi melayani penumpang umum setelah lebih dari tiga bulan tidak beroperasi sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan. Pada masa perpanjangan PSBB transisi, jumlah penumpang yang naik dibatasi dan diterapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Dinas Perhubungan DKI Jakarta menunda kebijakan pemisahan tempat duduk antara penumpang laki-laki dan perempuan di angkutan umum di DKI Jakarta guna mencegah kejadian pelecehan seksual. Dishub DKI Jakarta akan memaksimalkan pos aduan dan nomor aduan 112.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Rabu (13/7/2022), menjelaskan, terkait pelecehan seksual di angkot, perlu dilakukan mitigasi serta upaya-upaya atau regulasi yang komprehensif. Upaya itu dilakukan untuk meminimalkan bahkan meniadakan tindak pelecehan seksual yang kerap terjadi di angkot dan transportasi publik.

Editor:
RINI KUSTIASIH
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000