logo Kompas.id
MetropolitanPramuniaga ”SPG” Bukan Sekadar...

Pramuniaga ”SPG” Bukan Sekadar Pemanis

SPG dan SPB atau pramuniaga bukan sekadar pemanis suatu pameran, seperti di Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta. Selain berpenampilan menarik, mereka cakap berkomunikasi dan menjelaskan produk kepada pembeli.

Oleh
ERIKA KURNIA DAN FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
· 1 menit baca
<i>Sales promotion girl</i> atau pramuniaga mengitari area Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022). Mereka berkeliling menawarkan produk kepada pengunjung yang lalu lalang.
KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Sales promotion girl atau pramuniaga mengitari area Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022). Mereka berkeliling menawarkan produk kepada pengunjung yang lalu lalang.

Pramuniaga yang lebih dikenal sebagai SPG alias sales promotion girl dan ada juga yang laki-laki disebut sales promotion boy tak semata menjual penampilan, senyum, dan sapa untuk memikat pembeli. Mereka harus cakap berkomunikasi, menguasai informasi terkait produk yang dipasarkan, tahan berdiri seharian sembari menawarkan produk, serta tak malu berinteraksi dengan banyak orang.

Louis (17) mengulurkan lengan kanannya begitu seorang perempuan tertarik mengintip ke dalam selembar brosur yang dipegangnya. Segenggam brosur itu berisi daftar produk sepeda motor dan aksesorinya, lengkap dengan harga yang sudah terdiskonkan.

Editor:
NELI TRIANA
Bagikan