logo Kompas.id
β€Ί
Metropolitanβ€ΊTransjakarta Lakukan...
Iklan

Transjakarta Lakukan Penyesuaian 12 Rute Layanan

Aksi mahasiswa di sekitar DPR dan Patung Kuda membuat polisi melakukan pengalihan lalu lintas. Untuk layanan Transjakarta, 12 rute tnrdampak dengan delapan rute mengalami penyesuaian dan lima rute ditutup sementara.

Oleh
HELENA FRANSISCA NABABAN
Β· 4 menit baca
Bus Transjakarta tengah mengantre untuk memulai pengangkutan penumpang di Halte Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021).
KOMPAS/STEFANUS ATO

Bus Transjakarta tengah mengantre untuk memulai pengangkutan penumpang di Halte Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS β€” Unjuk rasa yang berlangsung di sejumlah lokasi di Jakarta, Senin (11/4/2022), berdampak pada 12 rute layanan Transjakarta. PT Transportasi Jakarta melakukan penyesuaian layanan di tujuh rute dan menutup sementara lima rute layanan.

Pelaksanaan Tugas (PLT) Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Angelina Betris melalui keterangan tertulis, Senin (11/4/2022), menjelaskan, pengalihan atau penyesuaian, juga penutupan sementara rute, dilakukan seiring dengan adanya unjuk rasa mahasiswa di DPR dan kawasan Patung Kuda.

Adapun ke-12rute yang terdampak unjuk rasa itu adalah Blok M-Kota (Koridor 1), Pulogadung-Harmoni (2), Ragunan-Monas via Kuningan (6A), Ragunan-Monas via Semanggi (6B), Balai Kota-Pantai Maju (1A), Harmoni-Kampung Rambutan (7F), Kampung Melayu-Tanah Abang (5M), Palmerah-Tosari (1B), Pinang Ranti-Plut (9), Kebayoran Lama-Jelambar (9E), BKN-Grogol 2 (9A), dan Kalideres-Gelora Bung Karno (3F).

Untuk rute Koridor 1 dilakukan pengalihan rute baik yang menuju ke Kota maupun ke arah Blok M. Rute arah Kota, bus dari Blok M melaju ke Sarinah melewati lampu lalu lintas Sarinah, kemudian keluar jalur untuk melaju ke arah lampu lalu lintas Bank Indonesia.

Massa mahasiswa memenuhi jalan di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, saat unjuk rasa menuntut wakil rakyat tidak mengubah konstitusi, khususnya terkait masa jabatan presiden, Senin (11/4/2022). Selain itu, mereka juga menyerukan berbagai tuntutan, seperti menolak wacana penundaan pemilu dan mahalnya harga minyak goreng serta kebutuhan pokok lain.
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Massa mahasiswa memenuhi jalan di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, saat unjuk rasa menuntut wakil rakyat tidak mengubah konstitusi, khususnya terkait masa jabatan presiden, Senin (11/4/2022). Selain itu, mereka juga menyerukan berbagai tuntutan, seperti menolak wacana penundaan pemilu dan mahalnya harga minyak goreng serta kebutuhan pokok lain.

Di simpang Kebon Sirih, bus berbelok ke kiri ke Jalan Kebon Sirih, kemudian belok kiri melewati Hotel Millennium, lalu masuk ke Jalan Fachrudin belok kanan. Bus kemudian memasuki Jati Baru dan melaju lurus ke Jalan Cideng Barat. Di lampu lalu lintas Tarakan, bus berbelok ke kanan menuju Halte Petojo dan melaju ke lampu lalu lintas Harmoni. Di simpang Harmoni, bus berbelok ke kiri, masuk ke Halte Harmoni dan melaju ke Kota.

Untuk bus ke arah Blok M, dari Harmoni bus melaju ke arah lampu lalu lintas Harmoni, kemudian berbelok ke kanan. Bus melaju lurus arah Tomang. Di Halte Petojo, bus keluar jalur untuk melaju ke arah lampu lalu lintas Tarakan dan kemudian belok kiri menuju Jalan Cideng Timur. Bus terus melaju ke Jalan Jati Baru, lalu belok kiri melewati Hotel Tugu Asri, lampu lalu lintas Hotel Millennium, lalu melaju lurus ke Jalan Kebon Sirih. Di lampu lalu lintas Bank Indonesia, bus belok kanan menuju Halte Sarinah hingga ke Blok M.

”Di Koridor 1, halte yang tidak melayani pelanggan untuk arah Kota ada Halte Monas dan Halte Bank Indonesia. Untuk arah Blok M, Halte Monas,” kata Betris.

Baca juga : Aksi Mahasiswa, Arus Lalu Lintas di Sekitar Monas dan DPR/MPR Dialihkan

Iklan

Di Koridor Pulogadung-Harmoni (Koridor 2), bus mengalami pengalihan jalur untuk arah Pulogadung, sementara arah sebaliknya normal. Rute pengalihan yang sebaiknya dicermati, bus dari Harmoni ke arah lampu lalu lintas Harmoni, kemudian belok kiri via Almabar. Dari sana, bus menuju Halte Senen, masuk Koridor 5 (Kampung Melayu Ancol), lalu belok kiri ke Halte Senen dan melaju ke Pulogadung.

Adapun halte yang tidak melayani arah Pulogadung ada dua, yaitu Halte Monas dan Halte Gambir.

Ilustrasi bus Transjakarta
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Ilustrasi bus Transjakarta

Rute Ragunan-Monas via Kuningan (6A) mengalami pemendekan rute menjadi Ragunan-Tosari. Ada tiga halte yang tidak melayani pelanggan, yaitu Halte Bundaran HI, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Untuk rute Ragunan-Monas via Semanggi (6B), layanan diperpendek menjadi Ragunan-Tosari. Adapun halte yang tidak melayani pelanggan adalah Halte Bundaran HI, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Rute Balai Kota-Pantai Maju (1A) juga diperpendek menjadi Harmoni-Pantai Maju. Ada tiga halte yang tidak melayani pelanggan, yaitu Halte Monas, Halte Balai Kota, dan Halte Balai Kota 1.

Betris melanjutkan, rute Harmoni-Kampung Rambutan (7F) mengalami pengalihan rute arah Kampung Rambutan. Sementara arah sebaliknya normal. Untuk rute pengalihannya, bus melaju dari Harmoni menuju Kampung Rambutan melewati Pejambon, menuju lampu lalu lintas Harmoni, kemudian bus berbelok ke kiri hingga Pasar baru.

Baca juga : DKI Siapkan Layanan untuk 13 Juta Pemudik

Bus kemudian ke kanan ke Lapangan Banteng dan melaju ke kiri ke arah Borobudur hingga Gambir. Di Gambir, bus ke kiri mengambil jalur Koridor 2 untuk kembali ke Kwitang arah Kampung Rambutan melewati Cempaka Putih. ”Ada dua halte yang tidak melayani, yaitu Halte Monas dan Halte Gambir 2,” kata Betris.

Untuk rute Kampung Melayu-Tanah Abang (5M), terjadi pengalihan rute arah Tanah Abang, sementara arah sebaliknya normal. Adapun rute pengalihan arah Tanah Abang, setelah melewati pemberhentian bus SMP 8, bus lurus ke arah Hotel Indonesia, melewati Bundaran HI menuju perempatan Bank Indonesia. Dari sana, bus berbelok ke kiri menuju Tanah Abang.

Halte yang tidak melayani pada rute 5M adalah pemberhentian Teuku Cik Ditiro sampai dengan pemberhentian Wisma Mandiri. Sementara rute Palmerah-Tosari (1B), Pinang Ranti-Plut (koridor 9), Kebayoran Lama-Jelambar (9E), BKN-Grogol 2 (9A), dan Kalideres-Gelora Bung Karno (3F), layanan sementara ditutup di kedua arah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pengalihan ataupun penyesuaian rute layanan itu sudah sesuai dengan mitigasi, khususnya untuk jalan-jalan yang dilakukan penyaringan.

Editor:
NELI TRIANA
Bagikan