logo Kompas.id
MetropolitanApeksi Tindaklanjuti Putusan MK Soal UU Cipta Kerja

Apeksi Tindaklanjuti Putusan MK Soal UU Cipta Kerja

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia segera menggelar koordinasi untuk menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi terkait Undang-undang Cipta Kerja.

Oleh AGUIDO ADRI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Massa buruh dari berbagai elemen menggelar unjuk rasa saat menunggu hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi terkait UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (25/11/2021). Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak gugatan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang diajukan kelompok buruh. Namun MK menyatakan, proses pembentukan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tidak sesuai dengan aturan pembentukan perundang-undangan.

BOGOR, KOMPAS – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau Apeksi akan segera mengelar rapat untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi   terkait Undang-Undang Cipta Kerja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mahkamah Konstitusi menyatakan proses pembentukan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tidak sesuai dengan aturan pembentukan perundang-undangan sehingga dinyatakan cacat formil. Akan tetapi mengingat besarnya tujuan yang ingin dicapai melalui pembentukan UU Cipta Kerja tersebut, serta sudah banyaknya peraturan pelaksana yang diterbitkan dan diimplementasikan, MK menolerir keberadaan UU tersebut dan menyatakannya inkonstitusional bersyarat.

Editor: wahyuharyo
Bagikan