logo Kompas.id
MetropolitanJakarta Didorong Perkuat Kerja Sama Atasi Banjir dengan Daerah Tetangga

Jakarta Didorong Perkuat Kerja Sama Atasi Banjir dengan Daerah Tetangga

Ketua DPRD DKI Jakarta mendorong Jakarta bekerja sama dengan wilayah tetangga untuk menangani banjir. Salah satunya dengan membangun waduk dan embung di daerah sekitar Ibu Kota untuk mengurangi limpahan air ke hilir.

Oleh
Helena F Nababan
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Petugas dari Unit Pengelola Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta  membersihkan Waduk Pluit di Jakarta Utara dari eceng gondok yang menutupi sebagian kawasan permukaan waduk dengan menggunakan alat berat, Jumat (22/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menilai, untuk menangani banjir, Jakarta harus bekerja sama dengan daerah tetangga-tetangga terdekatnya. Di sekitar daerah tersebut mesti dibangun waduk dan embung untuk bisa menyerap air hujan, dan mengurangi volume air yang dikirim ke Jakarta.

Ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/11/2021), Prasetio menjelaskan, model penanganan banjir demikian ia sampaikan karena ia melihat Jakarta tidak bisa sendirian menangani banjir. Apalagi tipe banjir Jakarta salah satunya adalah banjir kiriman dari wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  atau di selatan Jakarta.

Editor:
nelitriana
Bagikan