logo Kompas.id
MetropolitanKetika Integrasi Angkutan Publik di Jakarta Berupaya Naik Kelas

Ketika Integrasi Angkutan Publik di Jakarta Berupaya Naik Kelas

Sejumlah jurnalis mengikuti uji coba kartu dan aplikasi pembayaran angkutan umum terintegrasi. Sejumlah kendala dan pengalaman tidak nyaman ditemui. Diharapkan itu jadi masukan bagi Jakarta yang berupaya naik kelas.

Oleh
Helena F Nababan
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Aplikasi Super Jaklingko untuk integrasi transportasi yang tengah diuji coba bersamaan dengan penggunaan kartu Jaklingko, Senin (4/10/2021). Saat ini PT Jaklingko Indonesia masih melakukan perluasan uji coba terhadap kartu dan aplikasi terhadap empat moda transportasi, yaitu MRT Jakarta, LRT Jakarta, bus Transjakarta, dan KRL Commuter Line.Menuju peluncuran resmi kartu dan aplikasi sistem pembayaran angkutan umum terintegrasi Jaklingko pada Maret 2022, pematangan aplikasi melalui serangkaian uji coba terus dikerjakan. Sejumlah kendala masih dihadapi, seperti versi teknologi aplikasi yang digunakan masih berubah-ubah, alat pembaca barcode (kode batang) yang berbeda-beda di setiap moda angkutan, dan jadwal operasi yang belum terintegrasi.

Pada Senin (4/10/2021), PT Jaklingko Indonesia, selaku perusahaan yang mendapatkan penugasan untuk mengeksekusi integrasi tarif dan sistem pembayaran antarmoda angkutan umum, mengajak sejumlah jurnalis, termasuk Kompas, mengikuti kegiatan uji coba kartu dan aplikasi sistem pembayaran antarmoda terintegrasi itu. Tentunya untuk mendapatkan pengalaman, bagaimana bertransportasi umum yang mudah, cepat, aman, nyaman, dan lancar dalam pergantian antarmoda.

Baca juga :  Jaklingko Uji Coba Kartu dan Aplikasi Pembayaran Terintegrasi

Editor:
hamzirwan
Bagikan