logo Kompas.id
MetropolitanAngin Segar Upaya Perbaikan Pencemaran Lingkungan di Bekasi

Angin Segar Upaya Perbaikan Pencemaran Lingkungan di Bekasi

Pembentukan satgas pengawas lingkungan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi memberi angin segar bagi warga yang bertahun-tahun menyaksikan sumber mata air mereka tercemar limbah. Komitmen pemerintah daerah kini dinanti.

Oleh
STEFANUS ATO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Warga mencuci pakaian di aliran Kali Cilemahabang yang airnya berwarna hitam pekat di Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/9/2021). Pencemaran aliran sungai yang airnya berwarna hitam pekat tersebut diduga dari pembuangan limbah industri.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membentuk satuan tugas pengawas lingkungan di sekitar Sungai Cilemahabang. Satgas ini dibentuk untuk mengawasi aktivitas pembuangan limbah ke sungai yang selama ini airnya masih digunakan warga untuk mandi dan mencuci. Kebijakan ini diharapkan menuntaskan dahaga publik Bekasi terkait pencemaran lingkungan di wilayah itu.

Penjabat Bupati Bekasi Bupati Dani Ramdan mengatakan, pihaknya akan membentuk satuan tugas pengawas lingkungan untuk memastikan limbah dari kawasan industri tak lagi dibuang ke sungai. Satgas tersebut terdiri dari aparat penegak hukum dan komunitas pencinta lingkungan hidup.

Editor:
nelitriana
Bagikan