logo Kompas.id
MetropolitanSerambi Temu Dukuh Atas, Calon Wajah Baru Dukuh Atas

Serambi Temu Dukuh Atas, Calon Wajah Baru Dukuh Atas

Sebagai kawasan berorientasi transit, Dukuh Atas menjadi titik transit dan pertemuan sejumlah moda angkutan umum. PT MITJ tengah membangun JPM yang menghubungkan antarmoda supaya perpindahan orang lancar dan nyaman.

Oleh
Helena F Nababan
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Hendra A Setyawan

Proses pengerjaan akhir pembangunan prasarana kereta ringan (LRT) Jabodetabek di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Saat PT MRT Jakarta mendapatkan penugasan untuk mengelola kawasan berorientasi transit atau transit oriented development pada 2017 melalui Peraturan Gubernur Nomor 140 Tahun 2017 atau sebelum diperbarui dengan Pergub No 65/2021, ada sejumlah lokasi yang ditetapkan sebagai kawasan berorientasi transit yang akan dikelola PT MRT Jakarta. Salah satunya kawasan Dukuh Atas.

Dalam wawancara dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  DKI Jakarta waktu itu, Tuty Kusumawati, ia menjelaskan alasan Dukuh Atas ditetapkan sebagai kawasan berorientasi transit (KBT). Selain memiliki potensi ruang dan kawasan yang masih bisa dikembangkan sesuai karakteristik KBT, di titik tersebut akan menjadi pertemuan lebih dari satu jenis moda angkutan umum yang mendukung pengembangan sebagai KBT.

Editor:
nelitriana
Bagikan