logo Kompas.id
MetropolitanASI hingga ”Laundry” Gratis Hanya Untukmu

ASI hingga ”Laundry” Gratis Hanya Untukmu

Warga bantu warga terus bersemi di tengah pandemi Covid-19 yang kian mengganas. Mulai dari ASI hingga layanan cuci pakaian gratis untuk meringankan beban sesama dari hantaman pandemi.

Oleh ERIKA KURNIA/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
· 1 menit baca

Sebuah konten yang dibuat seorang kenalan di story Instagram membuat Yosepha (29) terenyuh. Bayi tiga hari dikabarkan baru saja ditinggal sang ibu yang tak sanggup melawan Covid-19, di tengah merebaknya kasus varian Delta. Kenalannya meneruskan informasi bahwa keluarga si bayi mencari ibu menyusui yang bisa menjadi donor ASI.

Yosepha, yang baru melahirkan anak pertamanya sekitar empat bulan lalu, tergugah hatinya. Sejak mengandung hingga kini, keluarganya memiliki keistimewaan bisa melahirkan dan merawat bayi dalam kondisi aman dan nyaman di masa pandemi.

Di sisi lain, desainer grafis itu lancar menyusui bayi perempuannya secara langsung dengan produksi air susu ibu (ASI) yang berlebih. Dalam sehari, warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan, itu mampu menyisihkan ASI perah sebanyak satu sampai dua kantong berukuran 70 mililiter.

Editor: Neli Triana
Bagikan
Memuat data..