logo Kompas.id
MetropolitanTahun 2021, Pemerintah Alokasikan Rp 30 Miliar untuk Normalisasi Ciliwung

Tahun 2021, Pemerintah Alokasikan Rp 30 Miliar untuk Normalisasi Ciliwung

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran awal dari APBN 2021. Proses identifikasi dan inventarisasi lahan sedang dilakukan sebelum normalisasi bisa dilakukan.

Oleh Helena F Nababan
· 1 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Melanjutkan pekerjaan normalisasi sungai di Jakarta, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane sudah mengalokasikan anggaran awal sebesar Rp 30 miliar dari APBN 2021. Namun, untuk pelaksanaannya, tahun ini pihak BBWSCC masih perlu menyelesaikan identifikasi dan inventarisasi lahan yang akan menjadi lokasi pekerjaan.

Anggaran awal ini untuk menyesuaikan dengan ketersediaan lahan. ”Memang itu baru beberapa titik yang bisa dikerjakan. Di tahun ini bisa dikerjakan,” kata Bob Arthur Lombogia, Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Rabu (10/3/2021).

Untuk bisa memulai pekerjaan normalisasi, saat ini tim gabungan BBWSCC dengan Dinas SDA DKI Jakarta sedang mengidentifikasi lokasi yang akan dilanjutkan, yang akan dikerjakan untuk normalisasi. Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pembebasan lahan yang saat ini dikabarkan terbebaskan 7,6 kilometer.

Editor: Gesit Ariyanto
Bagikan
Memuat data..