logo Kompas.id
MetropolitanKelurahan Perbatasan Bodetabek Memiliki Kasus Positif Tinggi

Kelurahan Perbatasan Bodetabek Memiliki Kasus Positif Tinggi

Penyebab pastinya masih terus dicari. Dugaan sementara ini ialah karena larangan berlibur di tempat umum serta keramaian tidak sepenuhnya diterapkan di wilayah satelit Ibu Kota.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Warga berjalan di Pasar Baru, Jakarta Pusat, saat menjelang tutup pada Minggu (27/12/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan kebijakan pembatasan operasional sejumlah tempat usaha hingga pukul 19.00.

JAKARTA, KOMPAS — Dalam satu pekan liburan Natal, kasus-kasus positif Covid-19 terbaru kebanyakan terjadi di kelurahan Jakarta yang berbatasan dengan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Bodetabek. Penyebab pastinya masih terus dicari. Dugaan sementara ini adalah karena larangan berlibur di tempat umum serta keramaian tidak sepenuhnya diterapkan di wilayah satelit Ibu Kota.

Data itu terungkap melalui kajian Center for Metropolitan Studies (Centropolis), lembaga penelitian perkotaan dan real estat Universitas Tarumanagara. ”Berdasarkan data 27 Desember, kelurahan-kelurahan yang berbatasan dengan Bodetabek memiliki kasus di atas 100,” kata peneliti senior Centropolis, Suryono Herlambang, di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Editor: Neli Triana
Bagikan
Memuat data..