logo Kompas.id
MetropolitanPerbincangan Jajanan yang...
Iklan

Perbincangan Jajanan yang Menyatukan

Obrolan tentang kuliner tak lekang oleh waktu. Bayangan menikmati makanan tetap abadi meski pandemi Covid-19 melanda. Warga Jakarta tetap merayakan hobi itu dengan cara bahu-membahu melalui jasa titip antarorang.

Oleh
ADITYA DIVERANTA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/7iNCKVjI_c24veWFFKBrtS7uIJY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2Ff7136119-628e-4dc7-bfb0-b7ea87abffe9_jpg.jpg
KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Proses pembuatan Roti Bistro di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020). Saat pandemi Covid-19, sejumlah jajanan kuliner Ibu Kota tidak lantas kehilangan pelanggan. Ada yang tetap kebanjiran pesanan lewat jasa titip antar.

Kegemaran menikmati makanan enak tak terhenti oleh pandemi. Lewat hobi ini, warga saling menguatkan dan berbagi rasa rindu dalam seporsi penganan. Annis Meitiyah (29) kerap mendamba beberapa jajanan langganan di sejumlah wilayah Jakarta. Keinginan itu tak langsung terwujud karena sejumlah jajanan favoritnya tidak terdaftar dalam aplikasi antar makanan konvensional.

Keinginannya baru terwujud setelah menemukan layanan jasa titip (jastip) penganan di media sosial Twitter. Belakangan, jasa ini berkembang dengan tagar #JastipDHKH di medsos. Dari sejumlah unggahan akun jastip, Annis menemukan akun bernama @susanthadi yang melayani jastip untuk roti bakar kesukaannya di bilangan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000