logo Kompas.id
MetropolitanPemerintah Mendesain Aplikasi ...
Iklan

Pemerintah Mendesain Aplikasi Super untuk Integrasi Layanan Publik

Optimalisasi teknologi informasi untuk pelayanan publik dinilai belum optimal. Pemerintah mendesain aplikasi super untuk integrasi pelayanan publik.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Rtu14TMWmwO2Prn9g-xYSk-L5HU=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F20200629GER_Di-Balik-Berita-Liputan-Kepresidenan4_1593407730.jpg
KOMPAS/ANGGER PUTRANTO

Presiden Joko Widodo menyapa warga yang sedang mengantre di Pasar Pelayanan Publik Rogojampi, Banyuwangi, Kamis (25/6/2020). Pasar Pelayanan Publik yang menyediakan 98 layanan pengurusan dokumen tersebut terletak di tengah pasar dan telah beroperasi dengan standar protokol kesehatan normal baru.

JAKARTA, KOMPAS — Penggunaan teknologi informasi untuk pelayanan publik dinilai belum optimal karena sejumlah faktor, di antaranya, koneksi internet warga yang terbatas dan belum terintegrasinya pelayanan di semua kementerian/lembaga. Pemerintah kini mendesain aplikasi super yang dapat mengintegrasi seluruh layanan publik.

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Bambang Dwi Anggono mengatakan, pemanfaatan teknologi untuk pelayanan publik telah dilakukan pemerinyah sejak tahun 2000-an. Digitalisasi pelayanan publik kini lebih masif dan mendesak karena pandemi Covid-19.

Editor:
khaerudin
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000