logo Kompas.id
MetropolitanRoh Hari Bebas Kendaraan Bermotor Jakarta yang Kini Bergeser

Roh Hari Bebas Kendaraan Bermotor Jakarta yang Kini Bergeser

Hari bebas kendaraan bermotor di 32 lokasi di Jakarta relatif berjalan baik. Namun, perluasan lokasi HBKB dengan alasan semata mengakomodasi warga berolahraga, khususnya bersepeda, dinilai bergeser dari tujuan awal HBKB.

Oleh STEFANUS ATO/AGUIDO ADRI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Kebijakan peniadaan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin diambil setelah pada Minggu (21/6/2020) antusiasme warga yang datang saat HBKB di kawasan Sudirman-Thamrin sangat tinggi sehingga menimbulkan banyak kerumunan warga.

Kebijakan memindahkan pelaksanaan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau HBKB di Jakarta ke 32 titik lokasi di luar Jalan Sudirman-MH Thamrin berhasil mengurai kerumunan warga. Namun, perluasan titik HBKB untuk memfasilitasi warga berolahraga dengan prioritas utama pesepeda dinilai telah bergeser dari semangat awal. Tujuan utama HBKB adalah memindahkan mobilitas warga dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Minggu (28/6/2020) pukul 06.00-09.00 menggelar HBKB di 32 lokasi di luar Jalan Sudirman-MH Thamrin. Kebijakan ini merupakan bagian dari hasil evaluasi atas ketidakpatuhan warga pada protokol pencegahan Covid-19 saat pelaksanaan HBKB perdana di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi DKI Jakarta pada 21 Juni 2020.

Editor: Neli Triana
Bagikan
Memuat data..