logo Kompas.id
MetropolitanTiga Hari Layani Penumpang,...
Iklan

Tiga Hari Layani Penumpang, Perusahaan Otobus Masih Merugi

Jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi yang berangkat dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, masih sedikit akibat adanya persyaratan yang mesti dipenuhi calon penumpang. Akibatnya, perusahaan otobus merugi.

Oleh
INSAN ALFAJRI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/PJsyP1c167UNzGboYrsq4MyYsUk=/1024x622/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2F8cbfafd4-f113-45e7-b959-e2936174b597_jpg.jpg
KOMPAS/RIZA FATHONI

Awak bus antarkota antarprovinsi (AKAP) beristirahat di bagasi kendaraan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (9/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah perusahaan otobus atau PO bus antarkota antarprovinsi sudah tiga hari beroperasi pascarelaksasi angkutan umum. Akan tetapi, jumlah penumpang yang dilayani sangat sedikit. Mereka berharap ada keringanan dari berbagai pihak untuk mengurangi biaya operasional.

Sedikitnya jumlah penumpang bus AKAP tak lepas dari kebijakan pemerintah yang mengatur kriteria perlintasan orang di wilayah pembatasan sosial berskala besar. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 hanya membolehkan orang-orang dengan kepentingan tertentu saja bisa masuk-keluar di wilayah PSBB.

Editor:
agnesrita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000