logo Kompas.id
MetropolitanMinimarket Pemikat Para Penjahat

Minimarket Pemikat Para Penjahat

Menurunnya aktivitas masyarakat karena wabah Covid-19 malah membuka peluang kejahatan bagi para pencuri dan perampok. Kejahatan jalanan pun tetap marak.

Oleh Johanes Galuh Bimantara
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/Humas Polda Metro Jaya

Polisi menunjukkan barang bukti yang digunakan para pelaku selama mencuri di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Senin (20/4/2020), di Jakarta.

Jangan senang dulu dengan menurunnya risiko kejahatan di lingkungan permukiman karena warga lebih banyak di rumah sekarang. Para pencuri tidak kehabisan akal. Minimarket-minimarket di pinggir jalan yang sekarang lebih sepi akibat wabah Covid-19 pun membuka kesempatan pada niat jahat.

Pengamatan Kepolisian Daerah Metro Jaya, lingkungan permukiman di Jakarta dan sekitarnya memang relatif lebih aman dari penjahat karena warga menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, sesuai dengan anjuran pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Namun, bukan berarti sumber pendapatan para garong tertutup. Minimarket di pinggir jalan yang semakin sepi menjadi salah satu sumber harta benda yang difavoritkan pencuri selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini.

Editor: nelitriana
Bagikan
Memuat data..