logo Kompas.id
MetropolitanDepok, Wajah Kesiapsiagaan Kita

Depok, Wajah Kesiapsiagaan Kita

Penanganan yang berlangsung di area tempat tinggal pasien Covid-19 pertama di Tanah Air menunjukkan jati diri sesungguhnya dari status kesiapsiagaan kita. Lokasinya hanya di Depok, tetangga Ibu Kota.

Oleh
J Galuh Bimantara/Pradipta Pandu Mustika/Andy Riza Hidayat
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan bahwa dua warga Indonesia positif terinfeksi virus korona jenis baru (Covid-19) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sudah hampir empat jam pasca-Presiden Joko Widodo menyampaikan pengumuman bahwa dua perempuan warga Depok positif tertular virus korona baru. Namun, Senin (2/3/2020) itu di sebuah perumahan di bagian timur Depok, lokasi para pasien tinggal, nyaris tidak ada antisipasi apa pun. Hanya ada mobil dan sepeda motor polisi beserta petugasnya yang bersiaga di sejumlah titik, menandakan terdapat sesuatu yang perlu dikawal.

Presiden Jokowi mengumumkan ada pasien Covid-19 itu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, sekitar pukul 11.00. Selang satu jam seusai pernyataan presiden, Pemerintah Kota Depok menggelar konferensi pers di Balai Kota Depok. Namun, Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam konferensi persnya hanya menyampaikan data pribadi pasien dan kronologi pasien terinfeksi virus korona.

Editor:
nelitriana
Bagikan