PT Kereta Api Indonesia membatalkan perjalanan kereta api rute Bogor-Sukabumi, Sabtu (7/12/2019). Pembatalan disebabkan longsor antara Stasiun Parung Kuda dan Cicurug, tepatnya di Km 28+2/3, pada Jumat malam.
Oleh
Agnes Rita Sulistyawaty
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — PT Kereta Api Indonesia membatalkan perjalanan kereta api rute Bogor-Sukabumi, Sabtu (7/12/2019). Pembatalan disebabkan longsor antara Stasiun Parung Kuda dan Cicurug, tepatnya di Km 28+2/3, pada Jumat malam.
Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Eva Chairunisa mengatakan, perbaikan di sekitar jalur kereta yang longsor masih berlangsung hingga Sabtu pagi.
”Untuk memaksimalkan upaya penanganan longsor yang berdampak pada prasarana jalur rel sepanjang 15,6 meter ini, sekitar 200 personel diturunkan. Sejumlah perangkat material berupa pilar penyangga, bantalan kayu, rel baja untuk penguat jalur, dan batu balas telah disiapkan,” tutur Eva dalam keterangan pers tertulis.
Untuk perbaikan jalur rel dampak bencana longsor pada lintas ini, PT KAI membatalkan perjalanan KA Bogor-Sukabumi sementara waktu.
PT KAI Daop I Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas kondisi tersebut dan mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa KA Pangrango agar beralih ke moda transportasi lain.
Hingga Sabtu pagi, pembuatan konstruksi penyangga pemadatan tanah di lokasi longsor serta pengerukan lumpur menggunakan ekskavator di lokasi masih berlangsung. Proses perbaikan dilakukan melalui koordinasi bersama PT KAI Daop I Jakarta dengan Satker DJKA Kementerian Perhubungan.
Bencana longsor tersebut pertama kali diketahui pihak PT KAI Daop I Jakarta melalui laporan warga setempat pada Jumat pukul 20.30 WIB dan segera dilakukan pemeriksaan oleh tim Unit Jalan dan Jembatan Daop I Jakarta. Pada saat kejadian, longsor tersebut tidak mengganggu perjalanan KA karena operasionalisasi KA terakhir telah melalui lokasi longsor.
PT KAI Daop I Jakarta terus berupaya untuk meminimalkan terganggunya perjalanan KA di lintas Bogor-Sukabumi melalui sejumlah upaya pada proses perbaikan agar dapat segera selesai dan jalur dapat kembali dioperasikan untuk perjalanan KA.
Untuk informasi perjalanan KA, masyarakat dapat mengetahuinya melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero), antara lain aplikasi KAI Access, situs web resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, layanan pelanggan cs@kai.id, dan media sosial @keretaapikita.