Soekarno-Hatta Terima 2.100 Permohonan Penambahan Penerbangan
Oleh
Pingkan Elita Dundu
·2 menit baca
TANGERANG, KOMPAS — PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta menerima 2.100 permohonan penerbangan ekstra atau extra flight. Permohonan ini meningkat 50 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.
”Permintaan yang meningkat ini mungkin terjadi setelah adanya penambahan libur hari raya,” kata Executive Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta, M Suriawan Wakan, kepada wartawan, Jumat (1/6/2018).
Menurut Suriawan, permohonan penambahan penerbangan banyak berasal dari maskapai Sriwijaya, Garuda Indonesia, dan Lion Air. Penambahan penerbangan itu lebih banyak terjadi pada penerbangan domestik.
Terkait jumlah pemudik yang menggunakan jasa penerbangan, kata Suriawan, pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemudik sebanyak 4 persen dibandingkan tahun kemarin. ”Tahun ini kami memprediksi akan ada 34 juta pemudik yang menggunakan jasa penerbangan,” katanya.
Ia mengatakan, pihaknya akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik dengan menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang maksimal, salah satunya dengan fasilitas mobile check-in di Terminal 1C.
Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Erwin Revianto, mengatakan, mobile check-in ini diharapkan mengurai kepadatan penumpang di bandara.
Mobile check-in adalah layanan digital modern yang mirip dengan self check-in. Proses ini akan dibantu oleh operator, yakni customer service mobile. Petugas berada di selasar Terminal 1C dan dapat ditemui di counter check-in. Mereka akan menawarkan kepada penumpang untuk check-in dengan mesin print dan gawai yang mereka bawa.
”Tujuan adanya layanan ini agar penumpang tidak antre dan mempercepat proses check-in,” kata Erwin.
Setelah melakukan check-in dengan menggunakan mobile check-in, lanjut Erwin, penumpang yang tidak membawa bagasi dapat melanjutkan ke security check point (SCP) dua atau pemeriksaan kedua, lalu menuju area boarding. Sementara penumpang yang membawa bagasi dapat menggunakan self baggage drop atau menuju konter khusus untuk menaruh bagasi yang disediakan maskapai.