logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluEfek Baliho Tak Signifikan, Elektabilitas Puan dan Airlangga Masih Rendah

Efek Baliho Tak Signifikan, Elektabilitas Puan dan Airlangga Masih Rendah

Meskipun efek ke elektabilitas tak signifikan, popularitas Airlangga Hartarto dan Puan Maharani meningkat. Pemasangan baliho perlu dilanjutkan dengan upaya lain untuk mengubah angka popularitas menjadi elektabilitas.

Oleh IQBAL BASYARI
· 1 menit baca
Memuat data...
YOUTUBE INDIKATOR POLITIK INDONESIA

Suasana paparan temuan survei nasional Indikator Politik Indonesia bertajuk ”Evaluasi Publik terhadap Kebijakan Penanganan Pandemi, Vaksinasi, dan Peta Elektoral Terkini”, Rabu (25/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Efek elektabilitas dari pemasangan baliho sejumlah elite politik tak signifikan. Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hanya meningkat 1 persen. Bahkan, elektabilitas Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga Ketua DPR Puan Maharani justru menurun. Pemasangan baliho perlu diikuti dengan hal-hal lain agar memunculkan sentimen positif dari publik.

Efek baliho politisi pada elektabilitas tersebut terlihat dari hasil survei oleh Indikator Politik Indonesia terhadap 1.220 responden dengan toleransi kesalahan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 30 Juli-4 Agustus 2021 atau dua bulan setelah sejumlah politisi masif memasang baliho dan billboard bergambar dirinya di ruas-ruas jalan utama di sejumlah kota.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..