logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluFokus Daerah di Panggung Nasional

Fokus Daerah di Panggung Nasional

Nama tiga gubernur di Pulau Jawa selalu masuk dalam sejumlah survei calon presiden, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil. Mereka mempunyai kesamaan, saat ini mengaku fokus bekerja memajukan daerahnya.

Oleh Tri Agung Kristanto
· 1 menit baca

Mingguan The Economist edisi 22-28 Mei 2004 menuliskan, dalam pertemuan yang emosional, bukan histeris, pada 18 Mei 2004, pengikut Sonia Gandhi mengancam, membujuk, dan memohon agar ia mau menerima jabatan Perdana Menteri India. Dalam pemilu di negara yang berpenduduk 1,1 miliar jiwa itu, partai yang dipimpin Sonia, Partai Kongres, mengalahkan partai PM Atal Behari Vajpayee, Partai Bharatiya Janata.

Sonia, istri mendiang Rajiv Gandhi dan menantu PM Indira Gandhi, menolak desakan pendukungnya. Ia merasa tak bisa memimpin India karena keturunan Italia, bukan warga asli India. Sonia tahu diri dan berbesar hati untuk tidak menerima kekuasaan yang sebenarnya sudah di tangannya itu.

Dalam konteks berbeda, kisah yang hampir sama juga pernah terjadi di negeri ini. Jelang Pemilu 2014, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), berbesar hati, tak memaksakan diri mencalonkan sebagai presiden lagi. PDI-P mendukung Joko Widodo, yang saat itu menjabat Gubernur DKI Jakarta. Jokowi yang berpasangan dengan M Jusuf Kalla pun memenangi pemilu presiden saat itu. Bahkan, Jokowi terpilih kembali lima tahun kemudian, berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..