logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluPrabowo, Ganjar, dan Anies Masih ”Top of Mind” Masyarakat

Prabowo, Ganjar, dan Anies Masih ”Top of Mind” Masyarakat

Isu pencalonan presiden kian menghangat. Kendati Pemilihan Presiden 2024 masih tiga tahun lagi, partai politik mulai memunculkan calon potensial. Siapa saja nama yang masuk dalam ”top of mind” masyarakat?

Oleh RINI KUSTIASIH
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Bulan Suci Ramadhan menjadi salah satu momentum bagi partai politik, khususnya partai Islam, untuk menyapa konstituen dan meraih simpati masyarakat. Hal itu membuat sejumlah jalan dihiasi spanduk atau baliho ucapan selamat menjalankan ibadah Ramadhan dari para tokoh politik tingkat daerah hingga nasional, seperti yang ditemui di Bundaran Maruga, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (17/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 masih sekitar 3 tahun lagi, tetapi sejumlah partai politik mulai menyimak dan memperhatikan tokoh yang berpotensi untuk mereka usung sebagai calon presiden. Sejumlah nama telah dimunculkan sebagai kandidat kuat oleh masing-masing partai, baik yang berasal dari internal maupun eksternal partai.

Namun, secara umum, elektabilitas para calon itu dinilai masih ditentukan oleh popularitas, belum oleh kinerja ataupun program mereka. Dalam peluncuran hasil survei nasional Parameter Politik Indonesia bertajuk ”Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir”, Sabtu (5/6/2021), yang digelar daring, sejumlah nama tokoh kembali muncul di benak publik sebagai nama yang paling mereka ingat dan kenal (top of mind) jika pilpres dilakukan hari ini.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..