logo Kompas.id
Lain-lainKebijakan Larangan Mudik untuk Cegah Bencana Kesehatan

Kebijakan Larangan Mudik untuk Cegah Bencana Kesehatan

Larangan mudik bertujuan untuk mencegah risiko kesehatan yang lebih besar. Oleh karena itu, warga diharapkan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik Lebaran 2021.

Oleh Erika Kurnia
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Petugas memeriksa suhu tubuh warga yang melintas di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jateng, Kamis (29/4/2021). Pada 22 April-5 Mei, Kepolisian Resor Brebes memperketat pemeriksaan terhadap kendaraan bernomor polisi luar kota sekaligus menyosialisasikan aturan larangan mudik kepada warga yang melintas.

JAKARTA, KOMPAS — Kebijakan larangan mudik menjadi suatu hal yang krusial dan harus dipahami oleh semua pihak. Sekalipun ada pihak yang dirugikan karena kebijakan ini, sebaiknya hal ini tetap dipahami sebagai konsekuensi dari upaya mitigasi risiko bencana kesehatan yang lebih besar.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI-P, Rahmad Handoyo, Jumat (30/4/2021), di Jakarta, menuturkan, belajar dari India, setiap aktivitas keagamaan atau sosial yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus ditiadakan untuk mencegah risiko penularan. Peristiwa masifnya penularan Covid-19 di India menunjukkan adanya kelengahan warga yang tidak mau menerapkan protokol kesehatan, dan kerap berkerumun dengan berbagai alasan, termasuk untuk kepentingan ritual.

Editor: Rini Kustiasih
Bagikan
Memuat data..