logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluTagih Komitmen Pemda Tuntaskan Pilkada

Tagih Komitmen Pemda Tuntaskan Pilkada

KPU menjadwalkan pelaksanaan pemungutan suara ulang di 15 daerah dilaksanakan bertahap pada 8 April-14 Juli 2021. Pemerintah daerah diminta mendukung anggaran pelaksanaan pemungutan suara ulang tersebut.

Oleh IQBAL BASYARI/NIKOLAUS HARBOWO/FABIO MARIO LOPES COSTA
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Heru Sri Kumoro

Persidangan di Mahkamah Konsitusi dalam perkara perselisihan hasil Pilkada 2020 dengan agenda pembacaan keputusan atau ketetapan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Pada persidangan tersebut hakim memutuskan sejumkah perkara tidak dilanjutkan ke tahap pembuktian. Beberapa alasan gugatan tidak dapat diterima di antaranya, permohonan dicabut oleh pemohon, permohonan melewati batas tenggang, dan pemohon tidak hadir dalam sidang sehingga permohonan dianggap gugur.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah daerah harus memberikan dukungan pendanaan untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang Pemilihan Kepala Daerah 2020. Komitmen pemerintah daerah dalam memberikan dukungan anggaran sangat menentukan kelancaran terselenggaranya pemungutan suara ulang agar seluruh tahapan pilkada bisa tuntas.

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan pada 18-22 Maret, 15 daerah harus melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) dan satu daerah penghitungan suara ulang. Batas waktu yang diberikan oleh MK untuk melaksanakan putusan tersebut berkisar antara 30 hari dan 90 hari sejak putusan dibacakan.

Editor: Susana Rita Kumalasanti
Bagikan
Memuat data..