logo Kompas.id
Lain-lainCegah Banjir di Kalsel Terulang

Cegah Banjir di Kalsel Terulang

Karena ada Bendungan Tapin, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi sangat drastis, hanya sebagian kecil daerah yang terkena banjir. Inilah salah satu fungsi bendungan.

Oleh Jumarto/Nina Susilo
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Presiden Joko Widodo (berjaket merah) bersama rombongan dalam acara peresmian Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/2/2021).

RANTAU, KOMPAS — Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/2/2021). Bendungan senilai Rp 986,50 miliar itu berperan penting dalam pengendalian banjir di Kalimantan Selatan, yang perlu diikuti reboisasi lahan secara besar-besaran di daerah aliran sungai agar banjir tak terulang.

Presiden mengatakan, banjir di Kalsel mencakup area yang sangat luas dan memerlukan penanganan komprehensif dari hulu sampai hilir. ”Saya titip kepada Gubernur dan semua bupati agar intervensi terhadap rehabilitasi lahan itu sangat penting. Penghutanan atau penanaman kembali di lahan-lahan, terutama yang berkaitan dengan daerah aliran sungai, segera dilakukan besar-besaran kalau kita tidak mau lagi terkena banjir di masa datang,” tuturnya.

Editor: Hamzirwan Hamid
Bagikan
Memuat data..