logo Kompas.id
Politik & HukumDraf RUU KKR Lama Dimunculkan Kembali

Draf RUU KKR Lama Dimunculkan Kembali

Pemerintah segera mengajukan RUU tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. RUU yang telah masuk Program Legislasi Nasional 2020 itu diharapkan bisa menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Oleh Nina Susilo dan Edna C Pattisina
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Aktivis dan sukarelawan bergabung dalam aksi diam Kamisan ke-612 yang digelar Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Aksi Kamisan secara rutin menyuarakan ketidakadilan dan memperjuangkan hak korban dan keluarga korban pelanggaran HAM.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah segera mengajukan Rancangan Undang-Undang tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. RUU yang telah masuk Program Legislasi Nasional 2020 itu diharapkan bisa menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut naskah akademik dan draf RUU KKR sudah siap. ”Sudah lama (siap), sudah sepuluh tahun, sudah ada kok. Tinggal dibuka lagi. Cuma mengendap di kotak saja,” ujarnya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Editor:
Bagikan
Memuat data..