SURABAYA, KOMPAS — Telkomsel meluncurkan layanan terbaru digital banking, yaitu aplikasi mBanking Telkomsel, aplikasi Mobile Banking Telkomsel yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses rekening bank yang dimiliki melalui telepon seluler.
Aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone atau telepon pintar sistem Android. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki layanan pesan singkat atau SMS Banking. Pelanggan yang belum mengaktifkan layanan SMS Banking dapat mendaftarkan nomor ponsel Telkomsel di kantor cabang bank terdekat.
Menurut General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali Telkomsel Heribertus Budi Ariyanto, di Surabaya, Selasa (18/12/2018), melalui peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel ini, perusahaan ini terus mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia dengan menghadirkan terobosan baru.
”Untuk itu, layanan mobile banking terus berkembang dan telah membantu banyak lembaga keuangan di lebih dari 80 institusi, baik nasional maupun lokal,” katanya.
Komitmen Telkomsel adalah layanan mobile banking akan memberikan masyarakat Indonesia akses yang lebih luas terhadap transaksi keuangan serta membantu pemerintah mewujudkan less-cash society.
Untuk itu, layanan mobile banking terus berkembang dan telah membantu banyak lembaga keuangan di lebih dari 80 institusi, baik nasional maupun lokal.
Aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fitur menarik, antara lain transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Transaksi perbankan menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel. Pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan diarahkan untuk bertransaksi.
Aplikasi mBanking Telkomsel juga, kata General Manager Digital Banking Telkomsel Rudiyanto Herlambang, untuk memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan bank, seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan pembayaran lain.
Selain itu, pelanggan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai promo menarik dari merchant, bank, dan Telkomsel, sekaligus memfasilitasi pengiklan untuk dapat beriklan pada aplikasi ini dengan target pelanggan banking.
Fitur sinkronisasi memfasilitasi pelanggan untuk dapat mencadangkan dan memulihkan data (back up data) pelanggan dalam aplikasi ini ke server Telkomsel. Dengan demikian, hal itu akan memudahkan pelanggan jika memiliki data favorit dan kemudian berganti ponsel.
Menggunakan aplikasi ini, aktivitas penarikan tunai juga dipermudah dengan adanya fitur pencarian anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat yang terintegrasi dengan Global Positioning System (GPS) pada ponsel.
Saat ini, jumlah bank yang sudah terintegrasi dalam aplikasi mBanking lebih dari 15 bank. Pelanggan Telkomsel yang mengunduh dan melakukan transaksi langsung mendapatkan paket data Telkomsel sebesar 2 GB untuk 100.000 orang pertama. Seluruh pelanggan KartuHalo, simPATI, Kartu As, dan LOOP berkesempatan mendapatkan hadiah langsung ini selama periode 12 Desember 2018 sampai 31 Januari 2019.
Saat ini, pelanggan Mobile Banking Telkomsel sekitar 10 juta dan untuk aplikasi mBanking Telkomsel dalam tahun pertama target akan diunduh oleh sekitar 20 persen pengguna aktif mBanking yang menggunakan ponsel pintar.
”Harapannya, akan lebih banyak lagi masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air yang dapat memanfaatkan transaksi keuangan lebih nyaman, aman, dan mudah dengan aplikasi mBanking Telkomsel,” ujar Manager Digital Banking Business Sales and Partnership Telkomsel Very Hananto.